SAFERA, DESTI RATRI (2022) ANALISIS SEMIOTIK GERAK TARI SEKAPUR SIRIH SEBAGAI TARI PENYAMBUTAN TAMU KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Desti Ratri Safera. 2022. Analisis Semiotik Gerak Tari Sekapur Sirih Pada Tari Penyambutan Tamu Kota Jambi: Skripsi Program Studi Seni Drama, Tari dan Musik: Skripsi, Jurusan Sejarah, Seni dan Arkeologi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mahdi Bahar, S.Kar., M.Hum., (II) Hartati M, S.Kar., M.Hum. Kata kunci: Tari Sekapur Sirih, Semiotik, Struktur, Makna, Gerak. Tari Sekapur Sirih adalah tari penyambutan tamu Kota Jambi. Tari ini merupakan salah satu bentuk tarian etnis Melayu Jambi dan pada dasarnya menggunakan gerak tari Melayu. Pertunjukan tari ini dapat dilihat sebagai visualisasi atau manifestasi dari penghormatan terhadap tamu agung yang datang berkunjung ke Kota Jambi. Penulis menggunakan metode peneltian kualitatif dengan pendekatan deskriptif terhadap objek Tari Sekapur Sirih, dapat dikemukakan bahwa tari ini berasal dari Kota Jambi. Informasi ini bersumber dari penari sekaligus pelatih tari Kota Jambi dan para penari tari Sekapur Sirih sendiri. Untuk analisa arti atau makna gerak pada tari ini digunakan teori semiotik yang dikemukakan Pierce. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara struktural gerak Tari Sekapur Sirih terdiri atas 17 (tujuh belas) ragam gerak, yaitu gerak: (1) Sembah, (2) Rentang kepak kanan/kiri, (3) Rentang kepak penuh pandangan kanan/kiri, (4) Ngenak (memakai) cincin, (5) Ngenak (memakai) gelang, (6) Ngenak (memakai) giwang, (7) Bersolek, (8) Rentang kepak penuh pandangan kanan/kiri, (9) Meramu sirih, (10) Beinsut naik, (11) Rentang pedang serong kanan/kiri, (12) Nyilau, (13) Piuh putar penuh balas putar, (14) Piuh putar, (15) Beinsut turun, (16) Rentang pedang kanan/kiri, dan(17) Rentang kepak penuh pandangan kanan/kiri, terakhir ditutup dengan sembah. Setiap ragam gerak tari Sekapur Sirih memiliki hitungan 1-8. Semua gerakan tari ini ditarikan secara utuh terdiri dari gerak awal, gerak tari pokok, dan gerak tari akhir. Selanjutnya adalah gerak awal merupakan tiruan atau imitatif dari gadis-gadis Jambi berhias. Pada gerak lainnya terdapat gerakan keindahan semata (kinestetik), sedangkan gerak yang merupakan simbol adalah gerak salam, yang bermakna penghormatan. Selain itu ada gerakan fungsional, yaitu gerak yang berfungsi untuk menyuguhkan cerana kepada tetamu.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tari Sekapur Sirih, Semiotik, Struktur, Makna, Gerak. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Seni Drama Tari dan Musik |
Depositing User: | Safera |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 02:39 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 02:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39607 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |