Hasbi, Fathul (2022) Evaluasi kelayakan jalan angkut tambang berdasarkan daya dukung material menggunakan metode CBR dan Atteberg pada tambang batubara pt. Inti bara nusalima, kecamatan batin XXVI, kabupaten batanghari, provinsi jambi. S1 thesis, Teknik pertambangan.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (66kB) |
Abstract
Abstrak PT Inti Bara Nusalima merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri pertambangan. Kegiatan penambangan batubara memiliki resiko yang tinggi baik ditinjau dari segi teknis maupun ekonomis sehingga dibutuhkan suatu perencanaan tambang batubara yang baik. Salah satu dari tahap dalam perencanaan tambang batubara adalah perencanaan jalan tambang. Sebagai sarana infrastruktur yang vital di sekitar lokasi penambangan. Jalan tambang digunakan sebagai aktivitas mobilisasi alat-alat mekanis yang mengangkut manusia maupun material hasil produksi sehingga jalan menjadi salah satu factor penting dalam siklus kegiatan operasi produksi. PT Inti Bara Nusalima belum melakukan kajian ataupun evaluasi tentang klsifikasi material jalan dan daya dukung material jalan. Maka di lakukan evaluasi tentang klasifikasi tanah material dan daya dukung tanah material jalan tambang dengan uji Atterberg dan uji DCP. Hasil dari pengujian atterberg pada setiap sagmen didapatkanlah hasil dari pengujian atterberg pada sagmen 1,4,10 termasuk dalam kategori A-7-5 dengan standar minimal batas cair 41% dan nilai plastisitas minimal 11% tetapi PI<LL-30. Hasil pengujian dari sagmen 2,3,5,6,7,8,9 termasuk dalam kategori A-7-6 dengan standar minimal batas cair 41% dan nilai plastisitas minimal 11% tetapi nilai PI>LL-30. Hasil dari pengujian DCP didapatkan nilai CBR yang berbeda-beda,yaitu antara 15% hingga 2,4%. di dapatkan beban yang di bagi pada roda depan sebesar 5,01kg/cm2 dan beban yang terbagi pada roda belakang sebesar 5,5 kg/cm2, dari korelasi dengan nilai terkecil tahanan penetrasi bahwa jalan angkut tambang dari pit menuju jalan hauling utama tidak layak untuk di lalui oleh Quester CWE 370 dengan total beban penuh. Kata Kunci : jalan tambang, Atterberg, CBR
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Pertambangan |
Depositing User: | HASBI |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 02:56 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 02:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39680 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |