STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDENTS HAVE DAN METODE BRAINSTROMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI

Trianjaya, Rachmat (2022) STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDENTS HAVE DAN METODE BRAINSTROMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] Text
FIX CETAK KERAS RACHMAT TRIANJAYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN_PERSETUJUAN[1].pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Hasil belajar khususnya pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 9 Kota Jambi nyatanya masih banyak berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Hal ini disebabkan metode pembelajaran yang digunakan masih kurang bervariasi, menyebabkan para siswa belajar cenderung pasif sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa yang belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi antara metode pembelajaran Questions Students Have dan metode pembelajaran Brainstroming pada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 9 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan bentuk The Static Group Pretest-Posttest Design, yang dilaksanakan pada kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen I dan X IPS 2 sebagai kelas eksperimen II. Sumber data dari data primer dan instrumen penelitian menggunakan tes soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar pretest dan posttest pada kelas eksperimen I mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata pretest 60,97 dan nilai rata-rata posttest 79,39. Sedangkan pada kelas eksperimen II nilai rata-rata pretest 61,33 dan nilai rata-rata posttest 73,94. Adanya peningkatan ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas maka untuk membuktikan hipotesis dilakukan uji t. Hasil perhitungan uji diperoleh thitung = 2,82. Nilai tersebut kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel = 1,997 sehingga diketahui thitung > ttabel yaitu 2,82 > 1,997 dengan df = 64 dan α = 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar Ekonomi yang signifikan antara metode pembelajaran Questions Students Have dan metode pembelajaran Brainstroming pada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 9 Kota Jambi. Dengan demikian dapat diartikan bahwa kelas dengan menggunakan metode pembelajaran Questions Students Have (QSH) lebih tinggi meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran Brainstroming.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Trianjaya
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:31
Last Modified: 20 Sep 2022 02:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39682

Actions (login required)

View Item View Item