ANALISIS KESALAHAN KONSTRUKSI KONSEP BERDASARKAN KERANGKA KERJA ASIMILASI DAN AKOMODASI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP

RG, ERNA INDRIA MYRCIA (2022) ANALISIS KESALAHAN KONSTRUKSI KONSEP BERDASARKAN KERANGKA KERJA ASIMILASI DAN AKOMODASI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan Erna I M Rg.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Cover Erna Indria M Rg.pdf

Download (241kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (523kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (210kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (437kB)
[img] Text
Skripsi Erna Indria Myrcia Rg (A1C218019).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena terjadinya kesalahan konstruksi konsep siswa dalam menyelesaikan soal pada materi bentuk aljabar, proses berpikir siswa dalam kerangka kerja asimilasi dan akomodasi serta gaya kognitif siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis proses terjadinya kesalahan konstruksi konsep berdasarkan kerangka kerja asimilasi dan akomodasi ditinjau dari gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD) pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan instrumen tes GEFT, lembar tes soal menggunakan metode think aloud dan wawancara diperoleh 4 subjek yang akan diteliti yaitu 2 subjek FI dan 2 subjek FD. Peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data yang kemudian dianalisis untuk penarikan kesimpulan. Keempat subjek memenuhi indikator kesalahan konstruksi konsep berdasarkan kerangka kerja asimilasi dan akomodasi. Pseudo construction pada kerangka kerja asimilasi SFI1 menggunakan konsep penyetaran ruas kiri dan kanan sehingga jawaban yang dihasilkan benar tetapi subjek tidak bisa memberikan alasan dengan benar dan logis, selanjutnya pseudo construction pada kerangka kerja akomodasi SFI2 dan SFD1 mengerjakan soal dengan cepat tanpa memeriksa kembali jawaban yang mereka kerjakan benar atau salah, sedangkan SFD2 memisalkan suatu variabel dengan buku atau benda. Untuk lubang konstruksi pada kerangka kerja asimilasi SFI2, SFD1, dan SFD2 melakukan pindah ruas dengan mengubah tanda positif menjadi tanda negatif. sedangkan lubang konstruksi pada kerangka kerja akomodasi SFI2, SFD1, dan SFD2 membagi 80 dengan 5 untuk mendapatkan nilai dari variabel yang ditulis oleh ketiga subjek tersebut. Selanjutnya, mis-analogical construction pada kerangka kerja akomodasi SFD1 menjumlahkan suku sejenis dengan memisalkan variabel dengan 1. mis-logical construction pada kerangka kerja akomodasi SFI1 kurang memahami kalimat pada soal sehingga salah dalam menuliskan model matematika pada koin anak pertama. Dari masing-masing indikator yang ditunjukkan oleh setiap subjek, diketahui bahwa subjek masih mengalami kesalahan mengkonstruksi konsep bentuk aljabar pada saat menyelesaikan soal, hal ini disebabkan siswa kurang memahami konsep awal aljabar dengan baik dan siswa kurang teliti dalam memahami soal.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Konstruksi Konsep, Asimilasi, Akomodasi, Gaya Kognitif, Bentuk Aljabar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rg
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:27
Last Modified: 20 Sep 2022 04:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39695

Actions (login required)

View Item View Item