FIRAMITA, NADA (2022) ANALISIS KESALAHAN KONSTRUKSI KONSEP DALAM BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Nada Firamita Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
A1C218010 NADA FIRAMITA- Cover.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
lembar persetujuan.pdf Download (755kB) |
![]() |
Text
A1C218010 NADA FIRAMITA- BAB I.pdf Download (599kB) |
![]() |
Text
A1C218010 NADA FIRAMITA- BAB V.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
A1C218010 NADA FIRAMITA- Daftar Rujukan.pdf Download (315kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam mengkonstruksi konsep sehingga sering terjadi kesalahan ketika diberikan permasalahan. Salah satu tipe berpikir dalam pemecahan masalah matematika adalah berpikir reflektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan konstruksi konsep dalam berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan soal himpunan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Kota Jambi. Dari satu kelas calon subjek, diambil 3 subjek yang paling banyak memenuhi indikator berpikir reflektif matematis melalui hasil think aloud. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar tes dan wawancara. Peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesalahan konstruksi konsep dalam berpikir reflektif: (1) S1 mengalami pseudo construction, miss-logical construction pada reacting dan elaborating, serta pseudo construction, lubang konstruksi, misslogical construction pada contemplating; (2) S2 mengalami pseudo construction, lubang konstruksi, miss- logical construction pada reacting dan contemplating, serta pseudo construction pada elaborating; (3) S3 mengalami pseudo construction, lubang konstruksi pada reacting, serta lubang konstruksi pada contemplating. Adapun kesalahan konstruksi konsep dalam berpikir reflektif matematis yang dialami oleh subjek disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: (1) siswa hanya bergantung pada penjelasan guru dan hanya meniru prosedur yang diajarkan oleh guru sehingga konsep materi himpunan tidak terkonstruksi secara utuh dalam pikiran siswa; (2) siswa terbiasa membaca simbol himpunan dengan caranya sendiri ketika megingat simbol tersebut, dan (3) siswa tidak teliti dalam memahami soal dan dalam proses perhitungan menyelesaikan soal
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan Konstruksi Konsep, Berpikir Reflektif Matematis, Himpunan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Firamita |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 02:14 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 02:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39730 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |