KOMISAH, KOMISAH MENINGKATKAN MOTIVASI BERTANYA SISWA SD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING DI KELAS IV SD IQRA MUARA BULIAN. JURNAL MENINGKATKAN MOTIVASI BERTANYA SISWA SD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING DI KELAS IV SD IQRA MUARA BULIAN.
Text
ARTIKEL_ KOMISAH_A1D114076.pdf Download (327kB) |
Abstract
ABSTRAK Komisah. 2018. Meningkatkan Motivasi Bertanya Siswa SD Dengan Menggunakan Model Snowball Throwing Di Kelas IV SD Iqqra Muara Bulian. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing 1. Drs Syahrial M.Ed Ph.D ; Pembimbing II Muhammad Sofwan, M.Pd. Kata Kunci : Motivasi Bertanya, Snowball Throwing. Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa rendahnya motivasi bertanya siswa di kelas IV SD Iqra Muara Bulian dikarenakan kemauan bertanya siswa masih rendah, lebih senang bermain, dan lebih banyak mengobrol sesama teman saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi bertanya siswa dengan menggunakan model snowball throwing di kelas IV SD Iqra Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil berupa data observasi melalui lembar pengamtan siswa yang dilakukan pada tiap proses pembelajaran dengan menggunakan model snowball throwing. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu perencanan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan melalui model snowball throwing dapat meningkatkan motivasi bertanya siswa di kelas IV SD Iqra Muara Bulian. Berdasarkan lembar observasi motivasi bertanya siswa menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari siklus I motivasi bertanya siswa 63,71 % (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 74,95 % (baik). Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa melalui model snowball throwing dapat meningkatkan motivasi bertanya siswa di kelas IV SD Iqra Muara Bulian.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | KOMISAH |
Date Deposited: | 03 Apr 2018 07:32 |
Last Modified: | 03 Apr 2018 07:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3974 |
Actions (login required)
View Item |