ANALISIS BERPIKIR PSEUDO DALAM PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT (FI) DAN FIELD DEPENDENT (FD) KELAS VII SMP

MANURUNG, MARLAN FREDDY (2022) ANALISIS BERPIKIR PSEUDO DALAM PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT (FI) DAN FIELD DEPENDENT (FD) KELAS VII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FILE SKRIPSI LENGKAP MARLAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (64kB)
[img] Text
halaman persetujuan dan halaman pengesahan.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
LAMPIRAN..pdf

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Manurung, Marlan Freddy, 2022. Analisis Berpikir Pseudo Dalam Pemahaman Konsep Aljabar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD) Kelas VII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (i) Drs. Jefri Marzal, M.Sc., D.I.T., (II) Dr. Nizlel Huda, M.Kes. Kata Kunci: Pseudo, Pemahaman Konsep, Gaya Kognitif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya terjadi berpikir pseudo dalam pemahaman konsep aljabar pada siswa dengan gaya kognitif field dependent dan field independent. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengungkap terjadinya berpikir pseudo Siswa dalam Pemahaman Konsep Aljabar Ditinjau dari Gaya kognitif field independent (FI) dan gaya kognitif field dependent (FD) kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Kota Jambi. Dari satu kelas sebagai calon subjek terbagi menjadi 2 berdasarkan gaya kognitif siswa yang ditentukan dengan tes GEFT. Pertama adalah siswa dengan gaya belajar field independent dan kedua adalah siswa dengan gaya belajar field dependent. Untuk siswa yang bergaya kognitif field independent diambil 2 siswa sebagai subjek penelitian yaitu SFI 1 dan SFI 2 serta siswa yang bergaya kognitif field dependent diambil 1 siswa yaitu SFD 1 sebagai subjek penelitian. Pemilihan subjek menggunakan metode purposive sampling yaitu peneliti menentukan kriteria mengenai responden mana saja yang dapat dipilih sebagai subjek. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar tes GEFT serta lembar tes soal dengan menggunakan metode think aloud dan wawancara. Peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SFI 1 mengalami berpikir pseudo benar dalam menyatakan ulang konsep, SFI 1 juga mengalami berpikir pseudo benar dalam mengklasifikasikan objek-objek menurut sifatanya, serta mengalami berpikir pseudo benar dalam menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur dalam menyelesaikan permasalahan. SFI 2 mengalami pseudo salah dalam menyatakan ulang konsep dan mengalami pseudo benar dalam mengklasifikasikan objek-objek menurut sifatanya, SFI 2 juga mengalami pseudo benar dalam menyajikan konsep dalam bentuk representatsi matematis, serta mengalami pseudo benar dalam menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur. Pada subjek penelitian yang bergaya kognitif field independent yaitu SFD 1 mengalami pseudo benar dalam menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur, SFD 1 juga mengalami pseudo benar dalam menyajikan konsep dalam bentuk representatsi matematis dan mengalami pseudo salah dalam menyatakan ulang konsep serta pseudo salah dalam mengaplikasikan konsep.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pseudo, Pemahaman Konsep, Gaya Kognitif, Aljabar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: MANURUNG
Date Deposited: 20 Sep 2022 06:45
Last Modified: 20 Sep 2022 06:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39761

Actions (login required)

View Item View Item