Valentin, Fidea Kamila (2022) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Online Collaborative Learning Mathematics Menggunakan Geogebra Classroom Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Garis dan Sudut. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (626kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (522kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (522kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FIDEA KAMILA VALENTIN A1C218005.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
cover fidea.pdf Download (1MB) |
Abstract
Valentin, Fidea Kamila. 2022. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Online Collaborative Learning Mathematics Menggunakan Geogebra Classroom Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Garis dan Sudut: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Dewi Iriani, M.Pd., (II) Khairul Anwar, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci : Online Collabirative Learning Mathematics, Geogebra Classroom, Aktivitas dan Hasil Belajar, Garis dan Sudut Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 11 Kota Jambi, dari hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru matematika, Kegiatan pembelajaran hanya berupa penugasan yang diberikan melalui Google Classroom dan juga melalui WhatApp tanpa adanya terlihat proses kegiatan siswa aktif secara langsung melakukan aktivitas pembelajaran dan juga pembelajaran secara daring menuntut siswa belajar secara mandiri di rumah. Dengan demikian, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Online Collaborative Learning Mathematics menggunakan geogebra classroom terhadap aktivitas dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan posttest only control design. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling yang memilih 3 kelas sebagai sampel penelitian, yaitu pada kelas VII A, VII B dan VII C SMP Negeri 11 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan instrumen berupa tes hasil belajar siswa, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Adapun teknik analisis data untuk data aktivitas belajar siswa menggunakan analisis data deskriptif, dengan melihat perbedaan presentase rataan aktivitas belajar siswa pada setiap kelas sampel sedangkan untuk analisis data hasil belajar menggunakan one way analisis of varians dan apabila terdapat perbedaan maka dilanjutkan dengan menggunakan uji Pos Hoct yaitu uji Scheffe. Untuk hasil aktivitas belajar siswa, rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen I lebih tinggi dibandingkan dengan kelas sampel yang lain yaitu 91,69% dengan kategori “sangat baik”. Untuk hasil belajar siswa, atau hasil posttest pada pengujian hipotesis menggunakan uji one way analisis of varians (anova satu arah) dengan nilai sebesar 0,005 < 0,05 maka H1 diterima. Selanjutnya menggunakan uji lanjutan anova yakni uji Pos Hoct yaitu uji Scheffe didapatkan hasil nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I lebih tinggi dengan kelas sampel lain yaitu yang sebesar 75,61. Itu artinya pengaruh penerapan pembelajaran Online Collaborative Learning Mathematics menggunakan geogebra classroom terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar secara signifikan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Online Collabirative Learning Mathematics, Geogebra Classroom, Aktivitas dan Hasil Belajar, Garis dan Sudut |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Valentin |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 07:12 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 07:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39762 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |