PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BERDASARKAN TEORI KONSTRUKTIVISME PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP

Tampubolon, Novri Anggraini Margareta (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BERDASARKAN TEORI KONSTRUKTIVISME PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER dan HALAMAN JUDUL.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (537kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (279kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL NOVRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tampubolon, Novri Anggraini Margareta, 2022. Pengembangan Perangkat Asesmen Kemampuan Pemahaman Konsep Berdasarkan Teori Konstruktivisme pada Materi Aljabar Kelas VII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Jefri Marzal, M.Sc.,D.I.T., (II) Dr. Dra. Nizlel Huda, M.Kes. Kata Kunci : Perangkat asesmen, kemampuan pemahaman konsep, teori konstruktivisme, aljabar. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan sebuah perangkat asesmen kemampuan pemahaman konsep berdasarkan teori konstruktivisme pada materi aljabar kelas VII SMP dan mendeskripsikan hasil pengembangan dan kualitas dari perangkat asesmen yang dilihat dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat asesmen. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Model ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Kota Jambi pada 6 April 2020 sampai dengan 6 Mei 2020. Subjek Penelitian pada penelitian ini adalah satu orang guru mata pelajaran matematika, dan siswa kelas VII B SMPN 2 Kota Jambi. Hasil penelitian yang diperoleh berupa perangkat asesmen kemampuan pemahaman konsep berdasarkan teori konstruktivisme pada materi aljabar kelas VII SMP. Perangkat asesmen ini dibuat untuk mempermudah guru dalam menilai kemampuan pemahaman konsep siswa, ketercapaian pemahaman siswa terhadap materi aljabar yang diberikan, juga mempermudah siswa dalam menunjukkan kemampuan pemahaman konsepnya dengan menjawab soal yang ada pada instrumen perangkat asesmen yang dikembangkan, juga memperbaiki instrumen yang digunakan untuk melakukan penilaian pengetahuan dan keterampilan yang sebelumnya diambil melalui hasil tes tertulis dari soal objektif LKS Matematika. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pada pengembangan produk perangkat asesmen ini beberapa kali direvisi untuk menghasilkan produk yang layak digunakan dan bermanfaat untuk guru. Kualitas perangkat asesmen yang dikembangkan termasuk dalam kategori kualitas perangkat pembelajaran yang baik, hal ini dapat dilihat melalui aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Pada aspek kevalidan, perangkat asesmen telah dikatakan valid dari segi materi dan desain karena sudah dilakukan revisi sesuai komentar dan saran yang diberikan validator. Pada aspek kepraktisan, hasil kepraktisan yang diperoleh adalah 85,71% dengan kriteria sangat praktis, dan melalui uji coba kelompok kecil diperoleh hasil kepraktisan sebesar 81,227% dengan kriteria sangat praktis. Pada aspek keefektifan, perangkat asesmen telah dikatakan efektif dilihat dari hasil tes belajar, hasil penilaian keterampilan siswa, hasil penilaian sikap siswa yang lebih dari 75% siswa mencapai KKM.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perangkat asesmen, kemampuan pemahaman konsep, teori konstruktivisme, aljabar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: TAMPUBOLON
Date Deposited: 21 Sep 2022 08:31
Last Modified: 21 Sep 2022 08:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39879

Actions (login required)

View Item View Item