Manalu, Erika Kristina (2022) ANALISIS KONSTRUKSI KONSEP BERDASARKAN SISTEM PEMROSESAN INFORMASI PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi Full Erika Kristina M.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (790kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (89kB) |
Abstract
Manalu, Erika Kristina. 2022. Analisis Konstruksi Konsep Berdasarkan Sistem Pemrosesan Informasi Pada Materi Aljabar Kelas VII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Jefri Marzal, M.Sc.,D.I.T., (II) Dr. Nizlel Huda, M.Kes. Kata Kunci: Konstruksi Konsep, Sistem Pemrosesan Informasi, Aljabar Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang belum dapat mengonstruksi konsep matematikanya dengan baik berdasarkan sistem pemrosesan informasi saat menyelesaikan soal pada materi aljabar. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis konstruksi konsep berdasarkan sistem pemrosesan informasi pada materi aljabar kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Kota Jambi. Dari satu kelas sebagai calon subjek, berdasarkan Langkah pengerjaannya pada lembar jawaban, calon subjek terbagi menjadi 3 kelompok dan diambil masing-masing 1 orang dari masing-masing kelompok sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian ini yaitu lembar tes yang menggunakan metode think aloud dan wawancara. Peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek memenuhi indikator sensory register berdasarkan kemampuan untuk menggunakan pengetahuan yang telah dimiliki siswa dan kemampuan untuk memperoleh informasi terkini. S1 dan S2 memenuhi indikator short term memory berdasarkan kemampuan untuk menggunakan pengetahuan yang telah dimiliki siswa dan kemampuan untuk memperoleh informasi terkini. S3 belum memenuhi indikator short term memory karena subjek mengalami kesalahan dan lupa dalam melakukan proses perhitungan. S1 memenuhi indikator long term memory berdasarkan kemampuan untuk menggunakan pengetahuan yang telah dimiliki siswa dan kemampuan untuk memperoleh informasi terkini. S2 hanya memenuhi indikator long term memory berdasarkan kemampuan untuk menggunakan pengetahuan sebelumnya, hal ini dikarenakan S2 hanya bisa memanggil kembali konsep operasi hitung matematika, tetapi tidak mampu melihat kembali proses penyelesaian dan menarik kesimpulan. S3 belum memenuhi indikator long term memory karena subjek tidak dapat memanggil kembali konsep sebelumnya dan mengalami kesalahan pada proses pengerjaannya serta mengalami kekeliruan dalam menarik kesimpulan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konstruksi Konsep, Sistem Pemrosesan Informasi, Aljabar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | MANALU |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 03:08 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 03:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |