IDHA, RIANY (2022) ANALISIS PARTISIPASI PENGURUS OSIS DALAM KINERJA OSIS SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
ASTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (190kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (162kB) |
|
Text
halaman pengesahan(4).pdf Download (774kB) |
|
Text
SKRIPSI RIANY IDHA FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Idha, Riany. 2022. Analisis Partisipasi Pengurus OSIS dalam Kinerja OSIS sebagai Pembentukan Karakter di SMA N 1 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. M. Salam, M.Si, (II) Dona Sariani, S.Pd, M.Pd., Kata kunci: partisipasi, siswa, OSIS, kinerja, karakter Berdasarkan hasil angket awal yang telah dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 1 Muaro Jambi terkait dengan partisipasi pengurus OSIS dalam kinerja OSIS sebagai pembentukan karakter, menunjukkan rendahnya partisipasi pengurus OSIS dalam kinerja OSIS pada indikator partisipasi dalam pengambilan keputusan dan partisipasi dalam pelaksanaan. Kemudian diantara lima karakter yang dirancang oleh Kementerian Pendidikan Nasional yaitu religius, nasionalis, integritas, mandiri dan gotong royong, masih terdapat rendahnya karakter nasionalis dan mandiri yang ada pada pengurus OSIS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi pengurus OSIS dalam kinerja OSIS sebagai pembentukan karakter di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kualitatif yang berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Miles dan Huberman yang membagi empat langkah teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini peneliti bermula dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan penelitian dan yang terakhir tahap analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi pengurus OSIS dalam kinerja OSIS sudah cukup baik, hal tersebut dapat dilihat dari 4 indikator dalam penelitian ini, yaitu: 1) partisipasi dalam pengambilan keputusan pengurus OSIS sudah cukup tinggi, yang dibuktikan dari tingginya partisipasi siswa dalam memberikan pendapat atau argumen dalam agenda rapat OSIS maupun rapat antar divisi. 2) partisipasi dalam pelasanaan, secara keseluruhan anggota OSIS sudah aktif berperan sesuai dengan tugas masing-masing selama proses pelaksanaan program kegiatan, hal inipun terlihat dari penyelenggaraan kegiatan yang sudah cukup maksimal. 3) partisipasi dalam pengambilan manfaat yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan yang telah dilaksanakan, OSIS sudah bagus dalam penyelenggaraan kegiatan dan setiap pengurus OSIS sudah kompak dan bekerja sama dengan baik dalam menciptakan kegiatan yang berkualitas di sekolah. 4) partisipasi dalam evaluasi, meskipun OSIS sudah dapat menyelenggarakan kegiatan dengan maksimal, tetapi masih terdapat hal-hal yang masih perlu diperbaiki dan tingkatkan lagi, yaitu kesadaran pengurus OSIS akan tugas masing-masing, profesionalitas kerja yang masih perlu ditingkatkan dan pengurus OSIS yang masih cenderung pasif, harus lebih aktif lagi baik dalam agenda rapat maupun dalam pelaksanaan program kerja OSIS.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | partisipasi, siswa, OSIS, kinerja, karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | IDHA |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 01:42 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 01:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39887 |
Actions (login required)
View Item |