ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ASAM BASADAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 KOTA JAMBI

AS, RINI ALFIAH ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ASAM BASADAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ASAM BASADAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 KOTA JAMBI.

[img] Text
RSA1C114011-ARTIKEL.pdf

Download (662kB)

Abstract

ABSTRAK Alfiah, Rini. 2018. Analisis Keterlaksanaan Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia Pembelajaran Asam Basa dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Drs. Haryanto, M.Kes., Pembimbing II: Aulia Sanova, ST.,M.Pd. Kata Kunci: Discovery Learning, Multimedia Pembelajaran Asam Basa, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh terbatasnya media ajar yang membantu siswa dalam proses memahami materi serta rendahnya ketertarikan siswa akan materi kimia yang diajarkan dan juga berdampak terhadap hasil belajar siswa. Penggunaan multimedia pembelajaran asam basa didalam model pembelajaran discovery learning dapat menjadi salah satu alternative yang dapat diterapkan untuk menarik minat dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan model discovery learning berbantuan multimedia pembelajaran asam basa serta pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran asam basa kelas XI IPA SMAN 2 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mix method dengan menggunakan kedua data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif dengan jenis sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas XI IPA 1. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model discovery learning baik dari guru maupun siswa dan tes soal essay siswa. Teknik analisis data kualitatif menggunakan Miles and Huberman dan teknik analisis kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment dan uji-t. Keterlaksanaan model discovery learning oleh guru mengalami kenaikan setiap pertemuan, keterlaksanaan model discovery learning oleh siswa sebesar 70,71% dengan kategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model discovery learning dengan hasil belajar siswa dikategorikan sedang dengan rxy 0,596. Uji signifikansi dilakukan dengan uji-t dan diperoleh thitung > ttabel (4,749 > 1,683) dengan dk 41 dan  = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran discovery learning berbantuan multimedia pembelajaran asam basa berjalan dengan baik dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas XI IPA 1 SMAN 2 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RINI ALFIAHAS
Date Deposited: 05 Apr 2018 01:45
Last Modified: 05 Apr 2018 01:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3990

Actions (login required)

View Item View Item