EVALUASI USABILITY APLIKASI MOBILE PEDULI LINDUNGI MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE DAN HEURISTIC EVALUATION

ADESKHA, OLVIA (2022) EVALUASI USABILITY APLIKASI MOBILE PEDULI LINDUNGI MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE DAN HEURISTIC EVALUATION. S1 thesis, sains dan teknologi.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (70kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)

Abstract

ABSTRAK RINGKASAN PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebergunaan suatu sistem aplikasi mobile PeduliLindungi menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dan Heuristic Evaluation (HE). Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Provinsi Jambi dan yang pernah mengunjungi aplikasi PeduliLindungi. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Karena populasi dalam penelitian ini tidak diketahui maka teknik pengambilan sampel menurut pernyataan Hair dan diperoleh 50 sampel untuk metode SUS, sedangkan metode HE menurut Nielsen berjumlah 5 sampel. Penelitian ini mendapatkan hasil akhir dengan menggunakan metode System Usability Scale berupa skor SUS yaitu 82,75. Nilai 82,75 menunjukkan hasil persentil rank 91% yang artinya aplikasi sudah layak digunakan dan fitur dalam aplikasi berjalan dengan semestinya. Nilai 82,75 berada di grade A yang berarti aplikasi sudah dapat diterima. Nilai adjective dengan berdasarkan skor SUS 82,75 menunjukkan bahwa skala adjective tergolong Excellent berarti aplikasi sudah layak digunakan. Skor SUS 82,75 juga menunjukkan bahwa aplikasi ada pada kategori acceptable, dimana artinya aplikasi tersebut sudah dapat diterima dan fitur aplikasi sudah berjalan dengan semestinya. Net Promoter Skor (NPS) responden dalam penelitian diketahui bersifat promoter artinya pengguna merasa puas saat menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Untuk hasil penelitian dengan menggunakan metode Heuristic Evaluation diperoleh hasil sebesar 79% dimana nilai ini menunjukkan bahwa aplikasi sudah layak digunakan dan fitur di dalam aplikasi PeduliLindungi sudah berjalan dengan semestinya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Adeskha
Date Deposited: 22 Sep 2022 06:46
Last Modified: 22 Sep 2022 06:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39976

Actions (login required)

View Item View Item