PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN REBUTAN KURSI DI TK LABORA ISLAM MENDALO ASRI

FEBRIANI, LENI PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN REBUTAN KURSI DI TK LABORA ISLAM MENDALO ASRI. JURNAL PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN REBUTAN KURSI DI TK LABORA ISLAM MENDALO ASRI.

[img] Text
LENI FEBRIANI RRA1F113016 (ARTIKEL).pdf

Download (376kB)

Abstract

PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN REBUTAN KURSI DI TK LABORA ISLAM MENDALO ASRI LENI FEBRIANI Program Studi PG-PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi 2018 ABSTRAK Leni Febriani. 2018. “Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Rebutan Kursi di TK Labora Islam Mendalo Asri” Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini,JurusanIlmuPendidikan FKIP Universitas Jambi, Pembimbing:(I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si., dan (II) Nyimas Mu’azzomi, S.Ag., M.Pd.I. Latar belakang dalam penelitian ini adalah berdasarkan kegiatan sehari-hari di TK Labora Islam telah dikembangkan berbagai aspek perkembangan, tetapi peneliti melihat perkembangan motorik kasar pada anak belum berkembang dengan baik, motorik halus lebih diutamakan seperti, memegang pensil, belajar menulis, melukis, sedangkan pada motorik kasar masih belum terlalu terlihat perkembangan, kegiatan permainan rebutan kursi sangat efektif dilaksanakan guna mengembangkan motorik kasar karena permainan rebutan kursi ini sangat disukai anak–anak serta mudah dilakukan dan dapat dimengerti secara cepat. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka penulis tertarik untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan rebutan kursi di TK Labora Islam Mendalo Asri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan rebutan kursi di TK Labora Islam Mendalo Asri. Subjek penelitian adalah anak- anak di TK Labora Islam Mendalo Asri yang mengalami masalah dalam perkembangan motorik kasarnya. Objek penelitiannya adalah meningkatkan kemampuan motorik kasar anak yang belum optimal perkembangannya. Metode penelitian ini yang dilaksanakan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini bersifat pengembangan peningkatan motorik kasar anak di TK Labora Islam Mendalo Asri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motorik kasar anak usia dini melalui bermain rebutan kursi di TK Labora Islam Mendalo Asri yaitu: dari pratindakkan 25,76 %, Siklus I pertemuan ke-1 35,90 %, siklus I pertemuan ke-2 38,62 %, siklus I pertemuan ke-3 46,67 %, siklus I pertemuan ke-4 47,98%. Pada Siklus II peningkatan motorik kasar anak sudah mulai berkembang yaitu pada Siklus II pertemuan ke-1 51,25 %, siklus II pertemuan ke-2 52,25 %, siklus II pertemuan ke-3 56,68 %, siklus II pertemuan ke-4 61,29 %. Pada Siklus III peningkatan motorik kasar anak sudah menunjukkan peningkatan yang sangat baik sehingga mencapai keberhasilanya itu pada siklus III pertemuan ke-1 71,16 %, siklus III pertemuan ke-2 78,33 %, siklus III pertemuan ke-3 87,68 %, akhirnya Siklus III pertemuan ke-4 melebihi kriteria nilai ketuntasan yaitu 90%. Pertemuan ke-4 mencapai 91,46%. Jadi dapat disimpulkan bahwa perkembangan motorik kasar anak usia dini melalui bermain rebutan kursi di TK Labora Islam Mendalo Asri mengalami peningkatan yang sangat baik melebihi kriteria keberhasilan 90%, maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil. Kata Kunci : Motorik Kasar, Rebutan Kursi

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LENI FEBRIANI
Date Deposited: 05 Apr 2018 08:41
Last Modified: 05 Apr 2018 08:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4005

Actions (login required)

View Item View Item