ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, DAN SHARE (SSCS) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN PENGARUHNYA TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 11 JAMBI

SYAFTIAWATY, SANTI ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, DAN SHARE (SSCS) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN PENGARUHNYA TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 11 JAMBI. ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, DAN SHARE (SSCS) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN PENGARUHNYA TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 11 JAMBI. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (316kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang tersalurkannya berpikir kreatif siswa yang dapat mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Penerapan model pembelajaran yang tepat merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran Search, Solve, Create dan Share (SSCS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Search, Solve, Create dan Share (SSCS) dan pengaruhnya terhadap berpikir kreatif siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIA SMAN 11 Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan menggunakan kedua data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model oleh guru maupun siswa dan test berpikir kreatif siswa. Teknik analisis data kualitatif menggunakan Miles and Huberman dan teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment dan uji-t. Keterlaksanaan model SSCS oleh guru mengalami kenaikan setiap pertemuan, persentase keterlaksanaan model SSCS oleh siswa sebesar 69,60% dengan kategorikan baik, dan persentase berpikir kreatif siswa sebesar 75,4% dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model SSCS oleh siswa dengan berpikir kreatif siswa dikategorikan rendah dengan nilai rxy 0,312. Uji signifikasi diperoleh thitung > ttabel (1,99945>1,687) dengan dk 37 dan α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran SSCS pada materi larutan penyangga berpengaruh terhadap berpikir kreatif siswa di kelas XI MIA SMAN 11 Jambi. Kata kunci: Search, Solve, Create dan Share, Berpikir kreatif, Larutan penyangga

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: SANTI SYAFTIAWATY
Date Deposited: 06 Apr 2018 02:01
Last Modified: 06 Apr 2018 02:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4008

Actions (login required)

View Item View Item