Susanti, Maulidya PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM SOLVING MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA KELAS VII SMP. Biodik. ISSN 2460-2612
![]() |
Text
ARTIKEL_ILMIAH lidya.pdf Download (480kB) |
Abstract
Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Salah satu bahan ajar yang digunakan guru dalam proses pembelajaran adalah LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik). LKPD yang dikembangkan adalah LKPD berbasis problem solving melalui pendekatan scientific. Problem solving adalah suatu model pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D/4P, Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Dessiminate (Penyebaran). Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari validator materi dan validator media. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari respon guru dan siswa. Data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Batanghari. LKPD divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Validasi materi dilakukan sebanyak tiga kali dan validasi media dilakukan sebanyak tiga kali. Validasi akhir oleh validator media memperoleh skor 61 dengan persentase 76,25% termasuk dalam kategori “Baik”. Validasi akhir oleh validator materi mamperoleh skor68 dengan persentase 85% termasuk dalam kategori “sangat baik”. Ujicoba tanggapan guru memperoleh skor 124dengan persentase 91,18% termasuk dalam kategori “sangat baik”. Selanjutnya ujicoba kelompok kecil memperoleh skor 695dengan persentase 85,17% termasuk kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pengembangan lembar kegiatanpesrta didik (LKPD) berbasis problem solving melalui pendekatan scientific pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya kelas VII SMP layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran di sekolah maupun layak digunakan sebagai pedoman belajar mandiri di rumah. Kata kunci : LKPD, Problem Solving, Pendekatan Scientfic
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MAULIDYA SUSANTI |
Date Deposited: | 06 Apr 2018 02:01 |
Last Modified: | 06 Apr 2018 02:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4011 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |