UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK MELALUI METODE MENDONGENG DI TK ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

YULIYANTI, WIWIK UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK MELALUI METODE MENDONGENG DI TK ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK MELALUI METODE MENDONGENG DI TK ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. (Submitted)

[img] Text
WIWIK YULIYANTI A1F113001 (ARTIKEL).pdf

Download (487kB)

Abstract

ABSTRAK Wiwik Yuliyanti. 2018. Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak melalui Metode Mendongeng di TK Islam Al-Falah Kota Jambi. Skripsi. Program Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si, Pembimbing (II) Fadzlul, S.Psi. M.Psi. P.si Penelitian ini berlatar belakang bahwa belum optimal anak dalam bertanggung jawab dan bersopan santun, belum optimal kegiatan yang mengacu pada mendongeng sehingga anak cepat bosan, dan belum optimal kemampuan anak untuk berinteraksi. Perkembangan nilai agama dan moral merupakan memiliki kesadaran bahwa setiap perilakunya tidak terlepas dari pengawasan allah dan interaksi, suatu hubungan timbal balik antara anak dengan anak, antara anak dengan orang tua, antara peserta didik dengan pendidik dan seterusnya. Sedangkan Metode mendongeng merupakan kegiatan mendongeng atau bercerita adalah satu media komunikasi yang ampuh dalam mentransfer ide atau gagasan kepaqda anak dalam sebuah kemasan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral anak melalui metode mendongeng di TK Islam Al-Falah Kota Jambi. Penelitian berfokus pada anak Kelompok B TK Islam Al-Falah Kota Jambi yang subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini di sentra bermain peran TK Islam Al-Falah Kota Jambi yang berjumlah 20 anak, 8 laki-laki dan 12 perempuan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas, dengan langkah-langkah pada penelitian tindakan yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, mengobservasi dan melakukan refleksi terhadap hasil akhir kegiatan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus masing-masing 3 kali pertemuan. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi angket dari pengamatan berupa catatan lapangan dan dokumentasi. Peneliti ini dalam pengolahan data berkolaborasi dengan guru kelas dalam mengisi lembar angket yang telah disediakan dalam setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perkembangan nilai agama dan moral anak melalui metode mendongeng di TK Islam Al-Falah Kota Jambi yaitu: dari pratindakan 25% Siklus I pertemuan ke-1 27%, siklus I pertemuan ke-2 29%, siklus I pertemuan ke-3 31%. Pada Siklus II peningkatan perkembangan nilai agama dan moral anak sudah mulai berkembang yaitu pada Siklus II pertemuan ke-1 52%, siklus II pertemuan ke-2 54%, siklus II pertemuan ke-3 56%. Pada Siklus III peningkatan perkembangan nilai agama dan moral anak sudah menunjukkan peningkatan yang sangat baik sehingga mencapai keberhasilan yaitu pada siklus III pertemuan ke-1 77%, siklus III pertemuan ke-2 79%, akhirnya siklus III pertemuan ke-3 81% melebihi kriteria nilai ketuntasan yaitu 80%. Jadi dapat disimpulkan bahwa perkembangan nilai agama dan moral anak melalui metode mendongeng di TK Islam Al-Falah Kota Jambi mengalami peningkatan yang sangat baik melebihi kriteria keberhasilan 80%, maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil. Kata Kunci : Perkembangan Nilai Agama dan Moral, Metode Mendongeng

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: WIWIK YULIYANTI
Date Deposited: 06 Apr 2018 02:01
Last Modified: 06 Apr 2018 02:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4012

Actions (login required)

View Item View Item