MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SD

MAIMUNAH, MAIMUNAH MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SD. MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SD. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH MAIMUNAH.pdf

Download (253kB)

Abstract

ABSTRAK Maimunah. 2018. “Meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IVB SDN 64/1 Muara Bulian”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I. Drs. Andi Suhandi, S.Pd, M.Pd.I. Pembimbing II. Irma Zurika Hardesi, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataannya bahwa masih banyak peserta didik kelas IVB SDN 64/1 Muara Bulian memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah. Terlihat dari kurangnya kemampuan peserta didik untuk menganalisis masalah yang diberikan guru, kurangnya kepekaan peserta didik untuk bertanya terkait materi yang belum mereka pahami, kurangnya tindakan untuk mencari informasi saat menyelesaikan tugas sehingga peserta didik menyontek hasil kerja temannya yang di pandang pintar di kelas serta minimnya peserta didik yang mampu menyimpulkan atas materi yang telah dipelajari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa tes dan observasi melalui soal post test akhir siklus dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis dan observasi guru yang dilakukan pada tiap proses pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL), dilakukan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan lembar observasi kemampuan berpikir kritis menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari hasil nilai rata-rata tes kelas pada pra tindakan 2,38 dengan kategori (B-), pada siklus I meningkat menjadi 2,64 dengan kategori masih (B-) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 3,30 dengan kategori (B+). Sedangkan analisis hasil observasi pada siklus I keberhasilan kelas memperoleh 53,5% dengan kategori D (Kurang). Kemudian meningkat di siklus II menjadi 73,25% dengan kategori B (Baik). Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dikatakan berhasil karena telah mencapai kriteria ketuntasan yang telah di tentukan yaitu 70%. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Probem Based Learning (PBL)

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: MAIMUNAH
Date Deposited: 06 Apr 2018 02:46
Last Modified: 06 Apr 2018 02:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4016

Actions (login required)

View Item View Item