PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) PADA PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN PERSUASI SISWA KELAS VIII B SMP N 5 KABUPATEN TEBO TAHUN AJARAN 2017/2018

KHOIRUNNISA, KHOIRUNNISA PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) PADA PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN PERSUASI SISWA KELAS VIII B SMP N 5 KABUPATEN TEBO TAHUN AJARAN 2017/2018. PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) PADA PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN PERSUASI SISWA KELAS VIII B SMP N 5 KABUPATEN TEBO TAHUN AJARAN 2017/2018. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Khoirunnisa. 2018. Penerapan Model Student Team Achievement Divison (STAD) pada Pembelajaran Menulis Karangan Persuasi Siswa Kelas VIII B SMP N 5 Kabupaten Tebo Tahun Ajaran 2017/2018: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Prof. Dr. Mujiyono Wiryotinoyo, M. Pd., (II) Drs. Agus Setyonegoro, M. Pd. Kata kunci: Penerapan Model STAD, Menulis Karangan Persuasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model STAD pada pembelajaran menulis karangan persuasi siswa kelas VIII B SMP N 5 Kabupaten Tebo tahun ajaran 2017/2018 berdasarkan langkah-langkah yang ada dalam model pembelajaran yang digunakan guru yaitu model STAD. Dalam proses pembelajaran guru telah menerapkan model STAD sebagai model pembelajarannya. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII B SMP N 5 Kabupaten Tebo. Teknik pengumpulan data berupa instrumen lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru mendapati kesulitan dalam menerapkan model STAD pada pembelajaran menulis karangan persuasi. Kesulitan Guru dalam menerapkan model STAD terdapat pada langkah pertama yaitu membentuk kelompok secara heterogen. Kesulitan yang biasa dialami guru saat pembagian kelompok yaitu siswa tidak terima dengan kelompok yang diberikan guru. Siswa tidak mau dikelompokkan dalam anggota kelompok yang kurang aktif atau kurang pandai. Siswa kurang pandai pun merasa minder karena berkelompok dengan orang pintar. Namun, Guru tetap tegas dalam membentuk kelompok secara adil menurut model STAD. Seiring berjalannya waktu siswa akhirnya bisa menerima anggota kelompoknya Dari hasil temuan peneliti dapat disimpulkan bahwa penelitian Penerapan Model STAD pada Pembelajaran Menulis Karangan Persuasi Siswa Kelas VIII B SMP N 5 Kabupaten Tebo sudah terlaksana dengan baik. Penerapan Model STAD pada siswa kelas VIII B SMP N 5 Kabupaten Tebo dapat dikatakan baik dilihat dari kriteria pelaksanaan langkah-langkah yang diterapkan guru di kelas. Terlaksana dengan baik penerapan model STAD karena guru mampu mengatur dan mendorong siswa untuk mampu saling bekerja sama dalam proses pembelajaran kelompok.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: KHOIRUNNISA
Date Deposited: 06 Apr 2018 04:50
Last Modified: 06 Apr 2018 04:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4017

Actions (login required)

View Item View Item