PENGEMBANGAN INSTRUMEN BERFORMAT FIVE-TIER UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA TENTANG GAYA SENTRIPETAL DAN SENTRIFUGAL Miskonsepsi, Gaya Sentripetal dan Sentrifugal, Pengembangan, Five-Tier.

Oktavia, Widia Dina (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN BERFORMAT FIVE-TIER UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA TENTANG GAYA SENTRIPETAL DAN SENTRIFUGAL Miskonsepsi, Gaya Sentripetal dan Sentrifugal, Pengembangan, Five-Tier. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_WIDIA DINA OKTAVIA_A1C318084.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (562kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (373kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (433kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Miskonsepsi merupakan salah satu masalah yang sering timbul dalam pembelajaran fisika, dimana miskonsepsi yang terjadi yaitu pemahaman konsep siswa yang berbeda terhadap pemahaman konsep para ahli. Miskonsepsi yang terjadi pada siswa harus segera diatasi, karena kesalahan pada konsep akan menyebabkan kesalahpahaman pada konsep yang akan dipelajari berikutnya serta kesalahpahaman dalam mengidentifikasikan fenomena fisika pada kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu diperlukan alat ukur yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa yaitu instrumen five-tier diagnostic test. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu dapat mengembangkan dan mengetahui kelayakan instrumen berformat five-tier diagnostic test untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa tentang gaya sentripetal dan sentrifugal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan 4D (Four-D) dengan tahapan Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap Develop (Pengembangan). Subjek uji coba penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA di SMAN 2 Batanghari dan SMAN 11 Kota Jambi dengan jumlah responden sebanyak 101 siswa. Teknik analisis data kualitatif didapat dari lembar validasi ahli dan wawancara guru, dan teknik analisis data kuantitatif didapat dari hasil uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu instrumen five-tier diagnostic test dengan 7 butir soal. Hasil data kualitatif yaitu pada lembar validasi ahli didapat persentase kelayakan instrumen 84,58%. Hasil data kuantitatif untuk uji validitas instrumen dinyatakan valid karena semua item soal memiliki nilai faktor >0,3 dan uji reliabilitas didapat nilai r_11 yaitu 0,715 maka instrumen dinyatakan reliabel. Untuk peneliti selanjutnya agar dapat menambah indikator soal, melakukan penyebaran instrumen dan remediasi terhadap sumber informasi siswa yang mengalami miskonsepsi. Misconception is one of the problems that often arise in learning physics, where the misconception that occurs is that students' understanding of concepts is different from understanding the concepts of experts. Misconceptions that occur in students must be addressed immediately, because errors in concepts will cause misunderstandings in the concepts to be studied next as well as misunderstandings in identifying physical phenomena in everyday life. Therefore we need a measuring tool that can be used to identify students' misconceptions, namely the five-tier diagnostic test instrument. The purpose of this study is to develop and determine the feasibility of a five-tier diagnostic test instrument format to identify students' misconceptions about centripetal and centrifugal forces. This research is a type of Research and Development (R&D) research with the development model used, namely the 4D (Four-D) development model with the stages of Define, Design, Develop, and Disseminate. This research is limited only to the stage of Develop (Development). The subjects of this research trial were students of class XI IPA at SMAN 2 Batanghari and SMAN 11 Jambi City with a total of 101 students as respondents. Qualitative data analysis techniques were obtained from expert validation sheets and teacher interviews, and quantitative data analysis techniques were obtained from the results of validity and reliability tests. The result of this development research is a five-tier diagnostic test instrument with 7 questions. The results of qualitative data, namely on the expert validation sheet, the percentage of instrument eligibility is 84.58%. The results of the quantitative data for the instrument validity test were declared valid because all items had a factor value of > 0.3 and the reliability test obtained an r_11 value of 0.715, so the instrument was declared reliable. For further researchers, in order to add question indicators, distribute instruments and remediation of information sources for students who have misconceptions.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Gaya Sentripetal dan Sentrifugal, Pengembangan, Five-Tier.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: OKTAVIA
Date Deposited: 05 Oct 2022 05:02
Last Modified: 05 Oct 2022 05:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40176

Actions (login required)

View Item View Item