Jufrida, Jufrida and dani, rahma and Putri, Adilla, Mayselly (2022) Pengembangan Buku Pengayaan IPA Terpadu Terintegrasi Kearifan Lokal Pada Geopark Merangin. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (436kB) |
Abstract
ABSTRAK Putri, Adilla, Mayselly. 2022. Pengembangan Buku Pengayaan IPA Terpadu Terintegrasi Pada Geopark Merangin: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Jufrida, M,Si., (II) Rahma Dani, S.Pd., M.Pd Kata kunci: Buku Pengayaan IPA, Kearifan Lokal, Geopark Merangin Pada pembelajaran abad ke-21, siswa dituntut untuk memiliki keterampilan 4C (Critical, Creative, Colaboration and Communication). Untuk menumbuhkan keterampilan tersebut perlu diberikan stimulus yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dalam proses pembelajaran. Kabupaten Merangin memiliki banyak kebudayaan dan kearifan lokal yang dapat dikaitkan ke dalam proses pembelajaran, terkhusus dalam mata pelajaran IPA. Kebanyakan anak-anak tidak mengenal Geopark Merangin yang ada di daerahnya. Salah satu faktor dari permasalahan tersebut adalah kurangnya fasilitas berupa buku yang ada di dalam sekolah. Buku yang digunakan siswa hanya berupa buku dari kementrian serta penerbit lainnya. Padahal bahan ajar salah satu penunjang keberhasilan siswa untuk menumbuhkan sikap 4C (Critical, Creative, Colaboration, and Communication). Salah satu bahan ajar tersebut adalah bahan ajar tambahan berupa buku non teks yaitu buku pengayaan IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui persepsi siswa terhadap buku pengayaan IPA Terpadu terintegrasi kearifan lokal pada Geopark Merangin. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE, namun peneliti membatasi sampai tahap Development. Buku yang telah dikembangkan dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi untuk mengetahui tingkat kelayakannya. Setelah tahapan validasi selesai, dilakukan uji kepraktisan kepada siswa untuk mengetahui tingkat kepraktisannya. Hasil pengembangan penelitian ini berupa buku pengayaan IPA Terpadu terintegrasi kearifan lokal pada Geopark Merangin. Adapun tingkat kelayakan dari produk yang dikembangkan mendapatkan hasil 91,12% dengan kategori sangat baik pada ahli media dan 91,12% dengan kategori sangat baik pada ahli materi. Sedangkan tingkat kepraktisan dari produk ini mendapatkan hasil 76,52% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa produk buku pengayaan IPA Terpadu terintegrasi kearifan lokal pada Geopark Merangin layak dan praktis untuk digunakan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | putri |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 07:35 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 07:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |