ARFANTI, MERI PENERAPAN METODE GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X. JURNAL PENERAPAN METODE GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X.
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (257kB) |
Abstract
PENERAPAN METODE GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X 1) Meri Arfanti, 2) Menza Hendri, 3)Nova Susanti 1)Alumni S1 Pendidikan Fisika PMIPA FKIP Universitas Jambi 2)Dosen Pendidikan Fisika PMIPA FKIP Universitas Jambi Email:arfanti.meri@yahoo.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa di kelas X2 SMA Negeri 7 Kota Jambi dengan menggunakan metode pembelajaran Guided Discovery. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus melalui tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 semester I SMA Negeri 7 Kota Jambi tahun ajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa 26 orang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi guru dan tes yang berupa pilihan ganda. Teknik analisi data aktivitas, tes, dan lembar observasi guru dianalisis secara statistik deskrtitif. Pada siklus I aktivitas siswa masih rendah ini dapat dilihat dari rata-rata persentase penilaiannya adalah 59,87%, setelah mengunakan metode pembelajaran guide discovery terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus II menjadi 70,77% dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 79,42%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 66,67 (12 siswa), setelah mengunakan metode pembelajaran guide discovery terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II menjadi 71,74(20 siswa), dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 88,54 (22 siswa). Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, metode pembelajaran guide discovery
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MERI ARFANTI |
Date Deposited: | 09 Apr 2018 06:36 |
Last Modified: | 09 Apr 2018 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4028 |
Actions (login required)
View Item |