Andani, Meri PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK FISIKA DASAR I BERBASIS 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN, VEKTOR, DIFFERENSIAL DAN INTEGRAL. EDUFISIKA. (Submitted)
Text
ARTIKEL-MERI ANDANI.pdf Download (833kB) |
Abstract
Andani, Meri. 2018. Pengembangan Modul Elektronik Fisika Dasar 1 Berbasis 3D Pageflip Professional pada Materi Besaran dan Satuan, Vektor, Differensial dan Integrl: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Menza Hendri, M.Pd, (II) Dr. Rendy Wikrama Wardana M.Pd. Kata kunci : Modul Elektronik, 3D Pageflip Professional, Besaran dan Satuan,Vektor, Diffrensial dan Integral Pemanfaatan teknologi informasi pada mata kuliah Fisika dasar I materi besaran dan satuan, vektor, differensial dan integral masih belum terealisasikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil penyebaran angket analisis kebutuhan bahan ajar, 100% mahasiswa menyatakan bahwa bahan ajar yang digunakan pada materi besaran, satuan, vektor dan differensial menggunakan buku paket. Berdasarkan penyebaran angket kebutuhan mahasiswa 85% mahasiswa tertarik jika bahan ajar materi besaran dan satuan, vektor, differensial dan integral menggunakan modul elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik fisika dasar 1 berbasis 3D Pageflip Professional pada materi besaran dan satuan, vektor, differensial dan integral serta mengetahui persepsi mahasiswa terhadap modul elektronik yang dikembangkan. Penelitian dilakukan di Prodi Pendidikan Fisika Universitas Jambi pada Januari 2018. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada mahasiswa (sebagai data utama) dan validasi materi serta validasi media dengan validator dosen Pendidikan Fisika (sebagai data penunjang). Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menghasilkan modul elektronik Fisika Dasar 1 berbasis 3D pageflip professional pada materi besaran dan satuan, vektor, differensial dan integral yang telah melalui proses validasi dan dinyatakan layak untuk diuji cobakan. Hasil dari uji coba angket, terdapat 16 pernyataan yang valid dan terdapat satu pernyataan yang tidak valid. Nilai reliabilitas yang diperoleh adalah 0,9109 yang tergolong kategori sangat tinggi. Selanjutnya hasil penelitian terhadap persepsi mahasiswa diperoleh data yang meliputi 3 aspek yaitu aspek objek dengan nilai 19,2 yang tergolong baik, aspek alat indera dengan nilai 19,75 yang tergolong sangat baik, dan aspek perhatian dengan nilai 13,05 yang tergolong sangat baik. Nilai rata-rata skor pada keseluruhan indikator persepsi mahasiswa sebesar 52 dengan kategori sangat baik.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | MERI ANDANI |
Date Deposited: | 10 Apr 2018 01:13 |
Last Modified: | 10 Apr 2018 01:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4030 |
Actions (login required)
View Item |