PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK FISIKA DASAR I MENGGUNAKAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATERI MOMENTUM IMPULS

Afriyani, Yunita PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK FISIKA DASAR I MENGGUNAKAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATERI MOMENTUM IMPULS. EDUFISIKA. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL YUNITA AFRIYANI.pdf

Download (761kB)

Abstract

Afriyani, Yunita. 2018. Pengembangan Modul Elektronik Fisika Dasar I Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Pada Materi Momentum Impuls: Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Menza Hendri, M.Pd, (II) Dr. Rendy Wikrama Wardhana,M. Pd. Kata kunci : modul elektronik, momentum impuls, kvisoft flipbook maker Pengembangan modul elektronik Fisika Dasar I materi momentum impuls didasari dengan sulitnya memahami bahasa dari buku yang digunakan, kurang terdapatnya animasi serta simulasi. Selain itu mahasiswa kesulitan mendapatkan sumber belajar yang sesuai. Adapun tujuan dilakukannya penelitian pengembangan yaitu untuk mengembangkan modul elektronik menggunakan kvisoft flipbook maker materi momentum impuls dan persepsi mahasiswa terhadap modul elektronik menggunakan kvisoft flipbook maker materi momentum impuls pada mata kuliah Fisika Dasar I. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian yaitu mahasiswa program studi Pendidikan Fisika Universitas Jambi Angkatan 2016 kelas reguler A yang berjumlah 32 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket studi pendahuluan, lembar validasi ahli materi dan media, serta angket persepsi mahasiswa. Teknik analisis data dilakukan secara statistik deskriptif. Proses pengembangan modul elektronik terlebih dahulu melakukan validasi media dan materi yang menyatakan bahwa modul elektronik momentum impuls layak untuk diuji cobakan. Selanjutnya hasil dari uji coba angket, terdapat 14 pernyataan yang valid dan tiga pernyataan yang tidak valid. Kemudian nilai reliabilitas yang diperoleh adalah nilai 0,8979 dengan kategori sangat tinggi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap modul elektronik Fisika Dasar I menggunakan kvisoft flipbook maker pada materi momentum impuls yang terdiri dari tiga aspek yaitu aspek objek memiliki nilai persepsi sebesar 3,34 dengan kategori sangat baik, aspek alat indera memiliki nilai persepsi sebesar 3,28 dengan kategori sangat baik dan aspek perhatian memiliki nilai persepsi sebesar 3,49 dengan kategori sangat baik. Sedangkan nilai rata-rata skor pada keseluruhan aspek sebesar 47.156 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul elektronik Fisika Dasar 1 materi momentum impuls termasuk kategori sangat baik. Layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar alternatif dalam mempelajari materi momentum impuls. Selain itu dapat dijadikan sebagai bahan pembanding untuk menghasilkan bahan ajar lainnya.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: YUNITA AFRIYANI
Date Deposited: 10 Apr 2018 01:13
Last Modified: 10 Apr 2018 01:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4033

Actions (login required)

View Item View Item