PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA DASAR I MATERI DINAMIKA PARTIKEL BERBASIS KVISOFT FLIPBOOK MAKER

Damayanti, Roza PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA DASAR I MATERI DINAMIKA PARTIKEL BERBASIS KVISOFT FLIPBOOK MAKER. EDUfisika. (Submitted)

[img] Text
RRA1C314013-ARTIKEL (2).docx

Download (579kB)

Abstract

Damayanti, Roza. 2018. Pengembangan E-Modul Fisika Dasar I Materi Dinamika Partikel Berbasis Kvisoft Flipbook Maker : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Menza Hendri, M.Pd., (II) Dr. Rendy Wikrama Wardana, M.Pd. Kata Kunci : E-modul, Kvisoft Flipbook Maker. Pengembangan e-modul ini dilatar belakangi oleh kesulitan mahasiswa dalam memahami materi dinamika partikel. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu bahan ajar yang dapat mempermudah mahasiswa dalam memahami materi tersebut yaitu berupa e-modul yang dilengkapi dengan animasi, simulasi dan video. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul Fisika Dasar I materi dinamika partikel dan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap e-modul Fisika Dasar I materi dinamika partikel yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah (research and development) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi analyze, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika PGMIPA-U angkatan 2016 Universitas Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi dan angket persepsi mahasiswa. Teknik analisis data kualitatif dilakukan secara analisis deskriptif, sedangkan data kuantitatif dilakukan secara analisis statistik deskriptif. Produk yang dihasilkan memiliki spesifikasi antara lain format akhir program .exe, Keunggulan dari e-modul ini yaitu bahasa yang digunakan mudah dimengerti, sedangkan kelemahannya belum berbasis pendekatan dan belum bisa diakses melalui smartphone. Hasil dari uji coba angket, terdapat 16 pernyataan yang valid dan terdapat satu pernyataan yang tidak valid. Nilai reliabilitas yang diperoleh adalah 0,898 dengan kategori sangat tinggi. Selanjutnya hasil penelitian persepsi mahasiswa diperoleh data yang meliputi 3 aspek yaitu aspek objek 19,49 dengan kategori baik, untuk aspek alat indera yaitu 19,21 dengan kategori baik, sedangkan untuk aspek perhatian yaitu 13,7 dengan kategori sangat baik. Nilai rata-rata skor pada keseluruhan indikator persepsi mahasiswa sebesar 52,61 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul Fisika Dasar I materi dinamika partikel berbasis kvisoft flipbook maker sangat layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar pada mata kuliah Fisika Dasar I materi dinamika partikel di Universitas Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ROZA DAMAYANTI
Date Deposited: 10 Apr 2018 01:13
Last Modified: 10 Apr 2018 01:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4034

Actions (login required)

View Item View Item