PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN METODE REWARD & PUNISHMENT MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Linda Ayu, Lisma PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN METODE REWARD & PUNISHMENT MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR. repoaitori unja. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL LISMA luar.docx

Download (69kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi menggunakan model pembelajaran based learning dengan metode Reward And punishment mata pelajaran fisika pokok bahasan hukum newton tentang gravitasi di SMAN8 Muaro Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 sebanyak 22 orang . Teknik pengumdata pada penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantatif. Instrumen penelitian berupa angket motivasi belajar siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi proses pembelajaran. Pada siklus I persentase problem based learning and Reward & Punishmentdalam kategori kurang yaitu 51,04. Kendala guru adalah kurang maksimal dalam penyampaian prosedur kegiatan yang akan dilakukan. Solusinya guru harus mengkondisikan kelas terlebih dahulu agar lebih maksimal dalam penyampaian prosedur pembelajaran. Pada siklus II diperoleh hasil problem based learning masih pada kategori cukup namun sudah mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya yaitu 61,49. Kendala guru adalah kurang tegas dalam menegur siswa yang kurang aktif dan siswa yang bermain-main. Solusinya guru harus lebih memantau dan membimbing kegiatan siswa setiap kelompok. Pada siklus III terlihat adanya peningkatan dan telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 76,43 berada dalam kriteria sangat tinggi. Kata kunci: Motivasi, Reward & Punishment, PBL

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LISMALINDA AYU
Date Deposited: 10 Apr 2018 08:28
Last Modified: 10 Apr 2018 08:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4038

Actions (login required)

View Item View Item