FLORENTI, DINDA (2022) HUBUNGAN JEJARING SOSIAL DAN EFIKASI DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN SMK NEGERI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI DINDA TARIGAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (414kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (434kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
Abstract
Dinda Rania Florenti Br Tarigan (2022). Hubungan Jejaring Sosial dan Efikasi Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 2 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing Skripsi: (I) Dr. K. A. Rahman, M.Pd.I. (II) Dr. Yantoro, M.Pd. Kata Kunci: Jejaring Sosial, Efikasi Diri, Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat, (1) Hubungan Jejaring Sosial dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 2 Kota Jambi. (2) Hubungan Efikasi Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 2 Kota Jambi. (3) Hubungan Jejaring Sosial dan Efikasi Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ex-post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa/I kelas XI SMK Negeri 2 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah tenik simple random sampling sebanyak 113 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer, yaitu berupa angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Terdapat hubungan negatif antara jejaring sosial dengan prestasi belajar siswa dengan nilai rhitung -0,541 sedangkan rtabel 0,320 diperoleh hasil -0,541 < 0,320 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari α = 0,05 diperoleh 0,000 < 0,05. Maka dari itu, Ha diterima dan H0 ditolak, besarnya hubungan X1 dengan Y yaitu 54,1%. (2) Terdapat hubungan positif antara efikasi diri dengan prestasi belajar siswa dengan nilai rhitung 0,571 sedangkan rtabel 0,320 diperoleh hasil 0,571 > 0,320 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari α = 0,05 diperoleh 0,000 < 0,05. Maka dari itu, Ha diterima dan H0 ditolak. Besarnya hubungan X2 dengan Y yaitu 57,1%. (3) Terdapat hubungan negatif dan signifikan antara jejaring sosial dengan prestasi belajar siswa serta terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan prestasi belajar sebesar 66,9%, sisanya 33,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini seperti minat belajar siswa, intelegensi siswa, motivasi siswa, kecerdasan emosional siswa dan lingkungan belajarnya. Maka terdapat kesimpulan bahwa (1) jejaring sosial berhubungan negatif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa. (2) Efikasi diri berhubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa. (3) Jejaring sosial dan efikasi diri berhubungan dengan prestasi belajar siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | JEJARING SOSIAL, EFIKASI DIRI, PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | TARIGAN |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 01:56 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 01:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40383 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |