INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AN-NAHL PERCIKAN IMAN JAMBI

Putri, Maya Dwi (2022) INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AN-NAHL PERCIKAN IMAN JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK LATAR BELAKANG : Interaksi sosial merupakan hubungan antara dua individu atau lebih, yang mana setiap perilaku individu diantaranya dapat mempengaruhi, mengubah dan memperbaiki perilaku individu. Bagi anak-anak, interaksi sosial besar kemungkinan akan terjadi pada saat di sekolah. Anak tunarungu merupakan anak yang kesulitan mendengar, akibatnya membuat terhambatnya potensi untuk berkembangnya kemampuan berbicara atau bahasa. Kekurangan bahasa ini membuat mereka tidak dapat berkomunikasi dengan baik dalam proses interaksi sosialnya. TUJUAN : Bertujuan utuk mengetahui interaksi sosial anak tunarungu, faktor yang mempengaruhi interaksi sosial anak tunarungu, dan hambatan yang dihadapi anak tunarunggu ketika berinteraksi sosial di Sekolah Dasar Islam Terpadu An-Nahl Percikan Iman Jambi. METODE : Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian meliputi dua anak tunarungu dan lima orang informan yang terdiri dari dua orang guru kelas, dua orang guru shadow, dan satu coordinator guru shadow. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. HASIL : Kedua subjek mampu menjalin interaksi sosial dengan menjalin percakapan, makan bersama, bermain bersama, dan bekerjasama dengan teman-temannya. Adapun faktor yang mempengaruhi interaksi sosial anak tunarungu yaitu adanya lingkungan yang mendukung anak tunarungu untuk berinteraksi dan juga adanya keinginan pada diri anak tunarungu untuk memulai berinteraksi. Sedangkan ketika menjalin interaksi pada subjek A terlihat hambatan-hambatan seperti perasaan malu, tidak percaya diri, takut, menarik diri, dan sebagainya. KESIMPULAN : Kedua subjek penelitian ini menggambarkan interaksi sosial, faktor-faktornya mempengaruhi, dan hambatan ketika berinteraksi sosial. ABSTARCT: BACKGROUND: Social interaction is a relationship between two or more individuals, where each individual behavior can influence, change and improve individual behavior. For children, social interaction is likely to occur at school. Deaf children are children who have difficulty hearing, as a result, hampers the potential for the development of speech or language skills. This lack of language makes them unable to communicate well in the process of social interaction. PURPOSE: Aims to determine the social interactions of deaf children, the factors that influence the social interactions of deaf children, and the obstacles faced by deaf children when interacting socially at the An-Nahl Integrated Islamic Elementary School Percikan Iman Jambi. METHOD: This study uses a descriptive qualitative approach with research subjects including two deaf children and a significant other consisting of two classroom teachers, two shadow teachers, and one shadow teacher coordinator. Methods of data collection using interviews, observation and documentation. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. RESULTS: Both subjects were able to establish social interactions by showing conversations, eating together, playing together, and collaborating with their friends. The factors that influence the social interaction of deaf children are the environment that supports deaf children to interact and also the desire in deaf children to start interacting. Meanwhile, when interacting with subject A, there are obstacles such as feelings of shame, lack of confidence, fear, withdrawal, and so on. CONCLUSION: The two subjects of this study describe social interaction, the factors that influence it, and the obstacles when interacting socially

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: social interaction, deaf, student
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Putri
Date Deposited: 19 Oct 2022 06:29
Last Modified: 19 Oct 2022 06:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40391

Actions (login required)

View Item View Item