PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESIONAL CS 6 BERDASARKAN TEORI APOS PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS IX SMP

Jamalludin, Gustiar (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESIONAL CS 6 BERDASARKAN TEORI APOS PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS IX SMP. Artikel RRA1c210024. (Submitted)

[img] Text
Artikel Ilmiah.pdf

Download (87kB)

Abstract

ABSTRAK Matematika adalah bahasa simbolis yang fungsi praktisnya untuk mengekspresikan hubungan-hubungan kuantitatif dan keruangan sedangkan fungsi teoritisnya adalah untuk memudahkan berpikir. Media pembelajaran yang menarik tentunya akan meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran matematika, salah satunya mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan Adobe Flash Profesional CS6 berdasarkan teori APOS (Action, Process, Object, Schema) Pada Materi barisan dan deret. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan Adobe Flash Profesional CS6 berdasarkan teori APOS Pada Materi barisan dan deret di Kelas IX SMP serta untuk mengetahui persepsi siswa terhadap media pembelajaran yang telah dibuat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini memanfaatkan software Adobe Flash Profesional CS6 berdasarkan teori APOS dalam pembuatan media pembelajaran dan pemberian angket untuk mengetahui persepsi siswa. Setelah media pembelajaran dibuat maka media pembelajaran tersebut divalidasi oleh ahli. Validasi dilakukan oleh dua ahli, yaitu ahli materi dan ahli media pembelajaran, hingga media pembelajaran dinyatakan layak untuk diujicobakan. Setelah media pembelajaran divalidasi dan direvisi, maka selanjutnya dilakukan ujicoba. Uji coba dilakukan dengan meminta tanggapan dari guru matematika dan siswa sebagai subjek penelitian. Berdasarkan hasil ujicoba tersebut, media pembelajaran kembali direvisi jika kembali ditemukan kelemahan dan dilakukan evaluasi dan perbaikan sesuai saran dan komentar para ahli. Selanjutnya media pembelajaran tersebut diterapkan pada kegiatan pembelajaran yang sebenarnya pada siswa kelas IX SMP Negeri 5 Batanghari. Dari hasil pengembangan yang dilakukan terhadap angket persepsi siswa mengenai media yang telah dibuat pada materi barisan dan deret, dihitung dengan rata-rata yaitu mencapai 91,6% siswa menjawab baik dan sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan Adobe Flash Profesional CS6 berdasarkan teori APOS dinyatakan layak dijadikan sebagai sumber belajar alternatif untuk siswa. Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Adobe Flash Profesional CS6, Teori APOS, Persepsi, Barisan dan Deret.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: GUSTIAR JAMALLUDIN
Date Deposited: 12 Apr 2018 04:47
Last Modified: 12 Apr 2018 04:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4044

Actions (login required)

View Item View Item