PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATERI PELUANG MENGGUNAKAN CLASS DOJO TERHADAP TEAM WORK COLLABORATION DI KELAS VIII A DAN VIII B SMP NEGERI 19 KOTA JAMBI

aini, isnaini (2022) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATERI PELUANG MENGGUNAKAN CLASS DOJO TERHADAP TEAM WORK COLLABORATION DI KELAS VIII A DAN VIII B SMP NEGERI 19 KOTA JAMBI. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
A1C218020 skripsi aini 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Cover skripsi aini.pdf

Download (33kB)
[img] Text
halaman persetujuan dan pengesahan skripsi aini.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 skripsi aini.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB 5 skripsi aini.pdf

Download (129kB)
[img] Text
dapus skripsi aini.pdf

Download (131kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian dilakukan di kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri 19 Kota Jambi pada bulan Mei – Juni, penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah penerapan model pembelajaran TGT menggunakan class dojo dapat berpengaruh terhadap team work collaboration siswa, dan tentunya tanpa adanya pengaruh dari kemampuan kolaborasi awal siswa. Kemampuan ini sering diabaikan dan hanya fokus pada kemampuan kognitif. Sedangkan kemampuan team work collaboration ini merupakan aspek penting untuk masa depan siswa. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode quasi eksperiment, instrument yang digunakan adalah angket team work collaboration yang digunakan untuk melihat kemampuan awal dan akhir siswa, kemudian lembar observasi yang digunakan dalam melakukan pengamatan selama proses pembelajaran. Setelah dilakukan implementasi pembelajaran hingga dilakukan pengolahan data diperoleh, yang mana dari hasil lembar observasi keterampilan team work collaboration didapat hasil rata-rata secara keseluruhan kelas eksperimen adalah 83,42% dan kelas kontrol sebesar 82,11% maka ini ditegorikan baik dan dapat dikatakan bahwa rata-rata siswa di kelas eksperimen maupun kelas control sudah melakukan indicator team work collaboration dalam proses pembelajaran. Kemudian dari angket team work collaboration didapatkan hasil uji ANCOVA menggunakan SPSS, diperoleh angka signifikansi untuk peubah treatment adalah 0,02. Karena nilai sig.= 0,024 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Dimana dari hasil tersebut menginterpretasikan bahwa tanpa adanya pengaruh kemampuan awal siswa, treatment yang diberikan berpengaruh terhadap hasil yang didapat. Dengan kata lain, implementasi model kooperatif tipe TGT menggunakan class dojo ataupun dengan penilaian keterampilan team work collaboration diakhir pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan team work collaboration siswa tanpa adanya pengaruh dari kemampuan team work collaboration awal siswa. Kemudian dari hasil rata-rata angket team work collaboration secara keseluruhan dari kelas eksperimen adalah 31,253 dan kelas kontrol adalah 28,603 sehingga menunjukkan bahwa yang lebih berpengaruh terhadap team work collaboration siswa adalah penerapan TGT menggunakan class dojo.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran TGT, class dojo, team work collaboration
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ISNAINI
Date Deposited: 21 Oct 2022 06:58
Last Modified: 21 Oct 2022 06:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40473

Actions (login required)

View Item View Item