MARDALENA, SILVIA PEMANTAPAN STRATEGI PEMECAHAN SOAL ESAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS V. JURNAL PEMANTAPAN STRATEGI PEMECAHAN SOAL ESAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS V.
Text
JURNAL.pdf Download (588kB) |
Abstract
PEMANTAPAN STRATEGI PEMECAHAN SOAL ESAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS V Oleh: Silvia Mardalena (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi) ABSTRAK Silvia Mardalena. 2018. “Pemantapan strategi pemecahan soal esai melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas V SD Negeri 111/I Muara Bulian”. Pembimbing (I) Drs. Syahrial, M. Ed. Ph. D (II) Ahmad Hariandi, S.Pd. I,. M.Ag Kata kunci: Strategi pemecahan soal esai, model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share Hasil observasi yang telah dilakukan di SD Negeri 111/I Muara Bulian sangat berbeda dengan pemecahan soal essay yang seharusnya dilakukan oleh siswa, saat proses pembelajaran IPA guru sudah menggunkan model pembelajaran. Namun model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih terlihat satu arah serata pada saat proses pembelajaran bimbingan yang dilakukan oleh guru tampak kurang, cara yang digunkan oleh siswa dalam mengerjakan tugas masih terlihat melihat buku pelajaran, kurangnya ada kegigihan untuk mengerjakan soal, siswa masih tampak sering menyerah dalam menyelesaikan soal essay, soal yang diberikan oleh guru terlihat tidak sesuai dengan materi yang diajarkan, serta kurangnya pengetahuan mengenai strategi pemecahan soal essay. Tujuan penelitian ini ialah untuk pemantapan strategi pemecahan soal esai melalui model pembelajaran think pair share pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 111/I Muara Bulian. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam beberapa siklus, yang daur siklusnya akan dihentikan apabila kondisi kelas sudah mampu meningkatkan strategi pemecahan soal esai dan siswa telah terbiasa dengan penggunaan model kooperatif tipe think pair and share dan data yang dihasilkan dari kelas sudah ada peningkatan memecahkan soal essay. Berdasarkan hasil siklus 1 selama proses pembelajaran berlangsung, Siswa belum dapat memahami masalah, siswa belum dapat merencanakan masalah, siswa belum dapat melaksanakan tugas sepenuhnya yang di berikan guru, hasil yang di peroleh dari mengerjakan soal belum baik. Hasil pembelajaran pada siklus II, siswa sudah dapat memahami masalah walaupun belum sepenuhya, siswa belum seluruhnya dapat merencanakan masalah, siswa dapat melaksanakan tugas sepenuhnya yang di berikan guru, hasil yang di peroleh dari mengerjakan soal sudah baik, sedangkan pada siklus III siswa dapat memahami permasalahan yang ada pada materi pelajaran, siswa dapat merencanakan kegiatan selanjutnya sesuai materi yang diberikan, siswa dapat melaksanakan tugas sepenuhnya yang di berikan guru, hasil yang di peroleh dari mengerjakan soal sudah baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pemantapan strategi pemecahan soal esai melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas V SD Negeri 111/I Muara Bulian.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SILVIA MARDALENA |
Date Deposited: | 11 Apr 2018 08:02 |
Last Modified: | 11 Apr 2018 08:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4050 |
Actions (login required)
View Item |