Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Sekolah terhadap Loyalitas Stakeholder Sekolah islam Al-Falah Kota Jambi

Dwi Putra, Ranggi Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Sekolah terhadap Loyalitas Stakeholder Sekolah islam Al-Falah Kota Jambi. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Sekolah terhadap Loyalitas Stakeholder Sekolah islam Al-Falah Kota Jambi. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (570kB)

Abstract

Keberhasilan sekolah dalam memberikan pendidikan dapat diukur dari kepuasan peserta didiknya dimana kepuasan pelanggan jasa pendidikan adalah salah satu faktor penentu keberhasilan kompetisi pendidikan. Dalam hal ini, pelayanan yang memberikan rasa aman dan nyaman, penerimaan informasi yang lengkap dan jelas serta kepuasan dalam pelayanan yang baik yang diberikan oleh staf dan tenaga pengajar sehingga tercipta kepuasan dalam diri peserta didiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Stakeholder Sekolah Islam Al-Falah Kota Jambi, 2) untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Citra Sekolah terhadap Loyalitas Stakeholder Sekolah Islam Al-Falah Kota Jambi,dan 3) untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Sekolah terhadap Loyalitas Stakeholder Sekolah Islam Al-Falah Kota Jambi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IX Sekolah Islam Al-Falah Kota Jambi, dengan sampel berjumlah 58 orang orang tua peserta didik. Instrumen dalam penelitain ini menggunakan angket mengenai Persepsi Kualitas Layanan Sekolah Islam Al-Falah Kota Jambi yang berjumlah 21 butir pertanyaan, angket mengenai Persepsi Citra Sekolah Islam Al-Falah Kota Jambi yang berjumlah 14 butir pertanyaan, dan angket mengenai Loyalitas Stakeholder Sekolah Islam Al-Falah Kota Jambi yang berjumlah 23 butir soal. Penyebaran angket dilakukan dengan cara angket dititipkan kepada peserta didik dan dikembalikan esok harinya kepada peneliti untuk dikumpulkan dan diolah datanya. Penelitian ini dilakukan pada awal bulan Januari 2018. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan Analisis Regresi Berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS release 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (56,9%) stakeholder berada dalam kategori tinggi untuk Persepsi Kualitas Layanan. 51,7% Stakeholder berada dalam kategori Sangat Baik untuk persepsi Citra Sekolah Islam Al-Falah Kota Jambi. Serta 56,9% Stakeholder memiliki Loyalitas berkategori Tinggi. Kemudian terdapat Pengaruh yang signifikan diantara Kualitas Layanan dan Loyalitas Stakeholder yaitu thit 2,783 > ttab,67, kemudian thit 2,518 > 1,67 ttab pada Pengaruh Citra Sekolah terhadap Loyalitas Stakeholder, serta Fhit 33,033 > Ftab 3,16. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diatas, peneliti berharap kedepannya Sekolah Islam Al-Falah Kota Jambi dapat melakukan sosialisasi kepada calon Stakeholder dikarenakan Kualitas Layanan dan Citra Sekolah Islam Al-Falah Kota Jambi sudah sangat baik. Kata Kunci: Kualitas Layanan, Citra Sekolah, Loyalitas Stakeholder.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RANGGI DWI PUTRA
Date Deposited: 11 Apr 2018 09:07
Last Modified: 11 Apr 2018 09:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4051

Actions (login required)

View Item View Item