EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PCI (Pavement Condition Index) PADA RUAS JALAN PROVINSI YANG ADA DI KOTA JAMBI

Surya Pratama, Muhamad Ilham Nopriyadi (2022) EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PCI (Pavement Condition Index) PADA RUAS JALAN PROVINSI YANG ADA DI KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
bab 1.pdf

Download (377kB)
[img] Text
abstrack.pdf

Download (120kB)
[img] Text
pustaka.pdf

Download (98kB)
[img] Text
tugas akhir Ilham Nopriyadi ..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (185kB)
[img] Text
coverr.pdf

Download (89kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Secara keseluruhan Ruas Jalan Provinsi jambi merupakan jenis jalan kolektor primer. Yang mana, jenis jalan ini merupakan penghubung kegiatan nasional dan kegiatan wilayah,dengan kecepatan paling rendah 40 Km/jam. menurut Surat keputusan Gubernur No. 215/KEP.GUB/DPUPR/2018 ,ruas jalan provinsi yang ada di kota jambi memiliki tujuh belas ruas. Yang mana hasil dari observasi pada ruas jalan provinsi yang ada di kota jambi terdapat lah beberapa ruas jalan telah mengalami banyak kerusakan yaitu yang pertama Jl. Rangkayo Hitam - Jl. Abdul Kartawirana - Jl. Rangkayo Pingai - Jl. Sentot Alibasa. Kedua Jln. Ade Irma Suryani - Jln. Dr.Siwabesi - Jln. KH. Abdul Malik Jambi. dan yang terakhir Jln. Gajah Mada - Jln. Hayam Wuruk. hasil dari observasi awal tersebut tiga jalan ini merupakan salah satu akses keramaian yang ada di kota jambi. Salah satu nya merupakan jalan yang menghubungkan kearah terminal dan pasar di kota jambi, ada juga pusat perdagangan pasar tradisional , dan jalan ini merupakan penghubung untuk menuju ke kabupaten lain dan ke arah Pelabuhan. Dan ada pula salah satu ruas jalan ini mengarahkan ke tempat destinasi wisata yang ada di kota jambi, serta tempat pusatt perkantoran. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan survei visual dengan mengukur luasan kerusakan pada permukaan perkerasan Setelah mendapatkan data – data dari lapangan selanjutnya dilakukan analisis dengan metode PCI (Pavement Condition Index). Hasil yang didapatkan dari penelitian ini pada tiga ruas jalan tersebut adalah yang pertama pada ruas jalan Jl. Rangkayo Hitam - Jl. Abdul Kartawirana - Jl. Rangkayo Pingai - Jl. Sentot Alibasa yaitu Tambalan dengan luas 15,6 m2, Lubang dengan luas 137,09 m2, Pelepasan Butiran dengan luas 30 m2, Pengausan Agregat dengan luas 143,5 m2, dan Retak Kulit Buaya dengan luas 4,54 m2. Dengan nilai PCI nya adalah 27,30.dengan kondisi perkerasan Buruk (Poor). Hasil dari metode ini mempunya rekomendasi penanganan sesuai dengan jenis kerusakan yaitu Peleburan aspal setempat/local sealing (P2),Penambalan lubang/patching (P5) dan Perataan/levelling (P6).untuk ruas yang selanjutnya adalah Jln. Hayam Wuruk - Jln. Gajah Mada yang mana jenis kerusakannya yaitu Tambalan dengan luas 45,33 m2, Lubang dengan luas 1,12 m, dan Retak Kulit Buaya dengan luas 3,2 m2. Dengan nilai PCI nya adalah 31,95 dengan kondisi perkerasan Buruk (Poor). Hasil dari metode ini mempunya rekomendasi penanganan sesuai dengan jenis kerusakan yaitu Penambalan lubang/patching (P5) dan Perataan/levelling (P6).dan ruas yang terakhir yaitu Jln. Ade Irma Suryani - Jln. Dr.Siwabesi - Jln. KH. Abdul Malik Jambi yang mana jenis kerusakannya yaitu Tambalan dengan luas 84,62 m2, Lubang dengan luas 19,12 m2, Retak Memanjang dengan luas 6,82 m2, Pengausan Agregat dengan luas 120 m2, dan Retak Kulit Buaya dengan luas 2,03 m2. Dengan nilai PCI nya adalah 40,44 dengan kondisi perkerasan Buruk (Poor). Hasil dari metode ini mempunya rekomendasi penanganan sesuai dengan jenis kerusakan yaitu Peleburan aspal setempat/local sealing (P2),Pengisian retak/crack filling (P4),Penambalan lubang/patching (P5) dan Perataan/levelling (P6). Dari hasil pengolahan data disarankan untuk instansi terkait dapat segera melakukan perbaikan jalan terutama pada ruas Jl. Rangkayo Hitam - Jl. Abdul Kartawirana - Jl. Rangkayo Pingai - Jl. Sentot Alibasa yang lebih di prioritaskan dilakukan penanganan,dikarenakan ruas jalan tersebut hasil nilai PCI nya yang paling rendah dengan kondisi yang buruk. setelah itu untuk yang kedua merupakan ruas jalan Jln. Hayam Wuruk - Jln. Gajah Mada, serta yang terakhir yaitu ruas jalan Jln. Ade Irma Suryani - Jln. Dr.Siwabesi - Jln. KH. Abdul Malik Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: alisis Kerusakan Jalan, Metode PCI(Pavement Condition Index)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: pratama
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:31
Last Modified: 02 Nov 2022 01:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40597

Actions (login required)

View Item View Item