ARLIA, PERA Persepsi Siswa Tentang Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri di SMP Negeri 4 Kota Jambi. JURNAL Persepsi Siswa Tentang Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri di SMP Negeri 4 Kota Jambi.
Text
Artikel.pdf Download (8kB) |
Abstract
ABSTRAK Persepsi Siswa Tentang Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri di SMP Negeri 4 Kota Jambi PERA ARLIA ERA1D010077 1. Drs. Rasimin, M.Pd 2. Dr. H. Akmal Sutja, M.Pd Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang dihadapi anak di sekolah maupun dalam keluarga dan masyarakat sangatlah beragam, di antaranya adalah kebimbangan dalam menentukan jenis pendidikan lanjutan, penyesuaian diri, cita-cita, bakat yang tidak tersalurkan dan masalah-masalah pribadi yang anak itu sendiri sangat merahasiakannya. Apabila permasalahan anak tersebut tidak teratasi, maka minat dan hasil belajar anak akan menurun, yang akhirnya anak kurang memiliki rasa kepercayaan diri. Penyajian ini berkaitan dengan upaya dasar untuk memahami dinamika ras percaya diri anak-anak dan masalah-masalah yang ditimbulkannya. Layanan informasi sebagai salah satu komponen dalam program bimbingan dan konseling yang membekali peserta didik dengan pengetahuan tentang data dan fakta di bidang pendidikan di sekolah, bidang perkembangan sosial, pribadi agar peserta didik dengan belajar di lingkungan hidupnya lebih mampu mengatur dalam pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan persepsi siswa tentang layanan bimbingan kelompok dalam menumbuhkan rasa percaya diri di SMP Negeri 4 Kota Jambi berkenaan dengan menghargai pendapat diri dan orang lain secara positif, mengendalikan diri secara objektif, dan memperoleh keterampilan sosial dalam keberanian mengambil keputusan. Untuk mengungkapkan data disebarkan kepada 96 sampel siswa SMP Negeri 4 Kota Jambi, data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus prosentase (%). Hasil penelitian menunjukkan persepsi siswa tentang layanan bimbingan kelompok dalam menumbuhkan rasa percaya diri di SMP Negeri 4 Kota Jambi berada pada tingkat “tinggi” (77,8%). Menghargai pendapat diri dan orang lain secara positif berada pada tingkat “tinggi” yaitu (78,8%). Mengendalikan diri secara objektif berada pada tingkat “tinggi” (76,7%) dan memperoleh keterampilan sosial dalam keberanian mengambil keputusan berada pada tingkat “tinggi” (78,0%). Dengan temuan penelitian ini diharapkan guru lebih meningkatkan pelaksanaan layanan dalam program bimbingan konseling mengenai layanan informasi dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa. Motivasi yang diberikan oleh guru terhadap program bimbingan konseling dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan terlaksananya program bimbingan konseling, begitu juga guru pembimbing hendaknya secara aktif bersosialisasi dengan personil sekolah sehingga termotivasi untuk berpartisipasi melalui program bimbingan konseling, begitu juga guru pembimbing hendaknya secara aktif bersosialisasi dengan personil sekolah sehingga termotivasi untuk berpartisipasi melalui program bimbingan konseling. Akhirnya penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan bagi program bimbingan konseling di SMP Negeri 4 Kota Jambi dalam rangka proses pembelajaran sebagai menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa dan juga sebagai acuan bagipenelitian selanjutnya.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | PERA ARLIA |
Date Deposited: | 12 Apr 2018 07:26 |
Last Modified: | 12 Apr 2018 07:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4064 |
Actions (login required)
View Item |