PENGARUH PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

AMINI, NURUL (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (527kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Amini, Nurul. 2022. Pengaruh Penerapan Model Team Assisted Individualization (TAI) dan Adversity Quotient terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga, Program Magister Pendidikan Kimia, Program Pascasarjana Universitas Jambi. Pembimbing I: Dr. Drs. Syamsurizal, M.Si, Pembimbing II: Dr. Dra. Wilda Syahri, M.Pd Kata Kunci: Team Assisted Individualization, Adversity Quotient, Berpikir Kreatif, Larutan Penyangga. Model Team Assisted Individualization dapat membuat pembelajaran di kelas lebih aktif dan kreatif. Pengembangan berpikir kreatif matematis membuat peserta didik putus asa dan menyerah, sehingga dibutuhkan kemampuan lain agar mampu bertahan mengubah kesulitan yang ditemui menjadi peluang untuk lebih maju dikenal dengan Adversity Quotient. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Team Assisted Individualization dan Adversity Quotient terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan rancangan factorial design 2x2 dan analisis ANOVA dua jalur. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMAN 13 Kerinci. Teknik pengumpulan data terdiri dari, angket Adversity Quotient, lembar observasi model oleh guru dan peserta didik, dan soal tes essay. Model Team Assisted Individualization efektif dalam meningkatkan berpikir kreatif dengan nilai signifikansi <0,05 dan Adversity Quotient juga berpengaruh terhadap berpikir kreatif dengan nilai signifikansi <0,05. Dan terdapat interaksi antara model Team Assisted Individualization dan Adversity Quotient terhadap berpikir kreatif peserta didik dilihat dari nilai signifikansinya <0,05. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh model Team Assisted Individualization dan Adversity Quotient terhadap kemampuan berpikir kreatif, dan terdapat interaksi model Team Assisted Individualization dan Adversity Quotient terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Team Assisted Individualization, Adversity Quotient, Berpikir Kreatif, Larutan Penyangga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Amini
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:35
Last Modified: 03 Nov 2022 03:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40665

Actions (login required)

View Item View Item