PRATAMA, AKBAR (2022) ANALISIS KEBIASAAN BELAJAR PADA SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII C SMP NEGERI 19 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
SKRIPSI AKBAR PRATAMA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (199kB) |
|
Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (501kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (290kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (219kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (92kB) |
Abstract
ABSTRAK Akbar Pratama 2022. Analisis Kebiasaan Belajar Pada Siswa Di Masa Pandemi COVID 19 Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas VIII C SMP Negeri 19 Kota Jambi : Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan,, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Irzal Anderson M.Si. Pembimbing (II) Dona Sariani S.Pd.,M.Pd. Kata kunci : Kebiasaan, Belajar, Pandemi Covid 19 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan kebiasaaan belajar seperti apa yang dilakukanse siswa Padal Mata Pelajaranl Pendidikan Pancasilal dan Kewarganegaraanl kelas VIII C SMPl Negeri 19 Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022 di masa pandemi COVID 19. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 19 Kota Jambi pada 25 April 2022 sampai dengan 01 Juli 2022. Data penelitian ini diperoleh dengan cara wawancara, observasi serta dokumentasi kepada informan yaitu 16 orang siswa kelas VIIIC Sesi belajar A (sebagai informan utama), 1 orang informan kunci, dan 3 pendidik (sebagai informan pendukung), Setelah data dan informasi di peroleh, kemudian dianalisis secara kualitatif dengan teknik Reduksil data,Penyajian data, Pengambilanl kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pertama pelaksaan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid 19 ini di SMP N 19 Kota Jambi masih banyak nya peserta didik yang belum bisa beradaptasi dengan baik pada penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh berbasis daring ini, yang menyebapkan kebiasaan belajar buruk pada peserta didik, dibeberapa peseta didik juga menggabarkan kebiasaan belajar yang baik. Kedua Gaya belajar siswa selama pandemi covid 19 cendrung menuju ke gaya belajar secara visual dan gaya belajar auditori, berdasarkan hasil analisisnya siswa menyukai gaya belajar visual dan auditori ini dimana lebih mudah bagi siswa dalam memahami dengan cara ini. Ketiga durasi belajar pesrta didik rata-rata satu hari adalah 1-3 jam saja. Keempat kendala pelaksaan PJJ daring peserta didik fasilitas dan kelengkapan,koneksi jaringan internet yang kadang tidak stabil, hanphone yang masih berbagi bersama orang tua, bahkan sebuah temuan di lapangan siswa merasakan sakit atau gangguan pada mata karena harus berhadapan dengan hanphone setiap hari, malas megerjakan tugas sekolah, dan tidak paham akan materi pembeajaran. Dari hasil penelitian disarankan Sekolah hendaknya lebih gencar meberikan dukungan dan bimbingan serta arahan kepada peserta didik yang belum bisa beradaptasi baik dalam pelaksanaan PJJ berbasis daring ini.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebiasaan, Belajar, Pandemi Covid 19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | PRATAMA |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 01:56 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 01:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40703 |
Actions (login required)
View Item |