EFEKTIVITAS PENGGUNAAN QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA MATERI ALAT-ALAT OPTIK KELAS XI IPA 5 DI SMAN 5 KOTA JAMBI

Alvita, Dinda Febrina (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA MATERI ALAT-ALAT OPTIK KELAS XI IPA 5 DI SMAN 5 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Dinda Fefbrina Alvita (A1C318028).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kerjasama memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Kerjasama siswa merupakan suatu proses interaksi positif antar siswa, dimana siswa dapat bertukar gagasan dan informasi dalam menyelesaikan tugas. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian adalah pentingnya kemampuan kerjasama dalam kegiatan belajar di kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kota jambi. Oleh sebab itu, Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerjasama siswa dengan melalui penggunaan aplikasi quizizz pada kegiatan penutup pembelajaran fisika di kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah pretest dan posttest yang diperoleh dari angket kerjasama siswa. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 5 dengan jumlah sampel 36 siswa yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media quizizz efektif untuk meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t berpasangan dan uji N-gain. Berdasarkan hasil uji t berpasangan didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) data pretest dan posttest sebesar 0,000 lebih kecil 0,05, hasil tersebut menunjukkan terdapat perbedaan signifikansi antara kemampuan kerjasama siswa sebelum dan sesudah diterapkan media quizizz. Untuk uji N-gain diperoleh rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,57, hasil tersebut menunjukkan peningkatan kemampuan kerjasama siswa berada pada kategori sedang (0,3 ≤ g ≤ 0,7), sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media quizizz efektif dalam meningkatkan kemampuan Kerjasama siswa. Berdasarkan hasil uji t berpasangan dan uji N-gain dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan kerjasama sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi quizizz. Aplikasi quizizz ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kemampuan kerjasama siswa dalam mengikuti rangkaian kegiatan pembelajaran secara utuh. Serta penggunaan media quizizz diharapkan dapat membantu guru supaya dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan sehingga berjalan dengan lebih efektif dan menarik. Kata Kunci: Quizizz, Media, Kerjasama

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Quizizz, Media, Kerjasama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Alvita
Date Deposited: 08 Nov 2022 07:03
Last Modified: 08 Nov 2022 07:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40786

Actions (login required)

View Item View Item