PENGEMBANGAN MEDIA MAJALAH ETNOMATEMATIKA BATIK JAMBI BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI

Fauziah, Zaidatul (2022) PENGEMBANGAN MEDIA MAJALAH ETNOMATEMATIKA BATIK JAMBI BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (202kB)
[img] Text
Halaman persetujuan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik sehingga berpengaruh pada hasil belajar di kelas XI SMA, untuk dapat meningkatkan minat belajar peserta didik maka dikembangkan majalah etnomatematika batik Jambi berbasis teknologi augmented reality untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi geometri transformasi dan berdasarkan kualitas majalah etnomatematika yang dikembangkan berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Branch (2009) meliputi tahap analyze, design, development, implementation, and evaluation. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari angket validasi instrumen, angket validasi materi, angket validasi media, angket praktikalitas majalah, dan tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Muaro Jambi dengan subjek penelitian yaitu: (1) pada uji coba perorangan, subjek penelitiannya adalah seorang guru matematika, (2) pada uji kelompok kecil, subjek penelitiannya adalah 9 orang peserta didik kelas XI MIPA 3 dengan tingkat kemampuan rendah, sedang, dan tinggi, serta (3) pada uji coba lapangan, subjek penelitannya adalah peserta didik kelas XI MIPA 3. Hasil penelitian: 1) penelitian telah menghasilkan majalah etnomatematika batik Jambi berbasis teknologi augmented reality untuk meningkatkan hasil belajar pada materi geometri transformasi peserta didik kelas XI SMA; 2) Penilaian ahli materi sebesar 93,33% dengan tingkat kevalidan sangat valid dan ahli desain 93% dengan tingkat kevalidan sangat valid; 3) Memperoleh kriteria kepraktisan media pembelajaran oleh guru sebesar 82,35% dan ole peserta didik sebesar 94,51% dengan kriteria sangat praktis; 4) persentase tes hasil belajar yang dilakukan peserta didik memperoleh 80,64% peserta didik tuntas melebihi KKM. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan majalah etnomatematika batik Jambi berbasis teknologi augmented reality dikategorikan efektif dan layak digunakan dalam proses belajar mengajar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Majalah, Etnomatematika, Augmented Reality, Hasil Belajar, Materi Geometri transformasi, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: fauziah
Date Deposited: 08 Nov 2022 07:11
Last Modified: 08 Nov 2022 07:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40790

Actions (login required)

View Item View Item