Rahmi, Aulia (2022) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING CHEMFUN BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. S2 thesis, MAGISTER PENDIDIKAN KIMIA.
![]() |
Text
TESIS AULIA RAHMI (P2A820001).pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text
COVER DAN HLM JUDUL.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
HLM PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN HLM PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
Abstract
Pendidikan 4.0 bercirikan pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Terjadi pergeseran strategi pembelajaran menjadi berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Media pembelajaran digital memiliki peranan yang semakin penting. Salah satu media pembelajaran digital adalah mobile learning. Mobile learning membantu peserta didik memahami materi yang dianggap sulit, seperti materi larutan penyangga. Peserta didik membutuhkan bahan ajar alternatif untuk mempelajari materi larutan penyangga dengan lebih mudah dan menarik serta dapat mendukung pembelajaran mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media mobile learning ChemFun berorientasi HOTS pada materi larutan penyangga, mengetahui kelayakan media secara konseptual teoritis, mengetahui penilaian guru, mengetahui kelayakan media secara praktik serta mengetahui dampak penggunaan media terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development), menggunakan model pengembangan Lee & Owens yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Untuk mengetahui dampak penggunaan media terhadap hasil belajar kognitif, data dianalisis menggunakan uji t berpasangan (paired t-test). Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kelayakan media mobile learning ChemFun berorientasi HOTS pada materi larutan penyangga berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi adalah sangat baik, sehingga media dinyatakan layak secara teoritis/konseptual. Hasil penilaian guru juga memperoleh kategori sangat baik. Peserta didik memberikan respon yang sangat baik terhadap media. Persentase kelayakan pada ujicoba kelompok besar yaitu 89% (sangat baik) sehingga media dinyatakan layak secara praktisi. Hasil uji t berpasangan menyatakan ada perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik yang signifikan antara sebelum penggunaan dan sesudah penggunaan media. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media mobile learning ChemFun berorientasi HOTS pada materi larutan penyangga dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mobile Learning, HOTS (Higher Order Thinking Skill), Larutan Penyangga |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rahmi |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 03:41 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 03:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40823 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |