Fatma, Nazira (2022) Pengembangan Media Majalah Pendidikan Etnomatematika Berbasis Teknologi Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Materi Kubus dan Balok Kelas VIII. S1 thesis, pendidikan matematika.
Text
HALAMAN SAMPUL JUDUL.pdf Download (118kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (620kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (196kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (206kB) |
|
Text
NAZIRA FATMA (A1C218013)_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Dalam pembelajaran geometri khususnya bangun ruang, kesulitan yang sering kali dihadapi oleh siswa ialah memvisualisasikan bangun ruang. Kemampuan dalam memvisualisasikan benda ke dalam pikiran tersebut disebut kemampuan spasial. Selain itu dalam penggunaan media belajar yang digunakan masih terbatas sehingga berakibat kepada proses belajar siswa yang kurang menarik. Untuk dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan spasial serta menyediakan media belajar yang inovatif dapat menggunakan teknologi augmented reality yang dapat menampilkan bangun ruang dalam bentuk 3D melalui smarphone yang digabungkan dengan unsur kebudayaan lokal. Oleh karena itu, maka dikembangkan media majalah pendidikan etnomatematika berbasis teknologi augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE meliputi tahapan analyze, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Jambi pada uji coba perorangan dan 15 siswa kelas VIII B pada uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu media majalah pendidikan etnomatematika berbasis teknologi augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII. Kualitas media majalah dinilai dari kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan diperoleh: 1) persentase kevalidan media majalah dari ahli materi 83,75% (sangat valid) dan ahli desain 78, 94% (valid); 2) persentase kepraktisan media majalah oleh pendidik 84,70% (sangat praktis) dan oleh siswa 84,9% (sangat praktis); 3) hasil analisis tes pretest dan postest menggunakan N-Gain diperoleh peningkatan hasil belajar sebanyak 10 siswa dengan kriteria sedang dan 5 siswa dengan kriteria rendah, sedangkan untuk hasil peningkatan kemampuan spasial diperoleh 3 siswa dengan kriteria tinggi, 6 siswa dengan kriteria sedang, dan 6 dengan kriteria rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media majalah pendidikan etnomatematika berbasis teknologi augmented reality layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fatma |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 04:23 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 04:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40825 |
Actions (login required)
View Item |