wiratama03, andyka (2022) Pengaruh Penggunaan Model Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 7 Kota Jambi Pada Masa Peralihan Pembelajaran. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
Abstract
Wiratama, Andyka. 2022. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi Pada Masa Peralihan Pembelajaran: Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Fachruddiansyah Muslim, S. Pd., M. Pd (II) Iwan Putra, SE., M.S.AK. Kata Kunci: Model Pembelajaran Index Card Match, Hasil Belajar Siswa. Hasil belajar khususnya pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi nyatanya msih banyak berada dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan masih kurang efektif, menyebabkan para siswa belajar cendrung tidak aktif sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa yang belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan bentuk Pre-Test Post-Test Control Group Design, yang dilaksanakan pada kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini sumber data berasal dari data primer dan Instrumen penelitian menggunakan tes soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar pretest dan posttes pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata pretest 58,70 dan nilai rata-rata posttes 76,11. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest 60,37 dan nilai rata-rata posttes 71,29. Dari adanya peningkatan ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas maka untuk membuktikan hipotesis penelitian ini dilakukan uji t. hasil perhitungan uji t diperoleh thitung sebesar 2,84 yang kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel yaitu 2,00 sehingga diketahui thitung > ttabel yaitu 2,84 > 2,00 dengan df = 52 dan α = 0,05. Dengan demikian H0 dotolak dan Ha diterima. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Kota Jambi pada masa peralihan pembelajran. Dengan demikian dapat diartikan bahwa kelas dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match lebih meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model konvensional.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Index Card Match, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Wiratama |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 02:36 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 02:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40841 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |