Silalahi, Hanna Lestari (2022) PENGARUH METODE MENGAJAR GURU DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA PGRI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (643kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Silalahi, Hanna, Lestari. 2022. Pengaruh Metode Mengajar Guru dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X di SMA PGRI 2 Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Drs. H. Arpizal, M.Pd., (II) Hidayatul Arief, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Metode Mengajar Guru, Lingkungan Teman Sebaya, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakang oleh rendahnya hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X di SMA PGRI 2 Kota Jambi. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa Metode Mengajar Guru dan Lingkungan Teman sebaya Mempengaruhi hasil belajar yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Mengajar Guru dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Ekonomi pada siswa kelas X di SMA PGRI 2 Kota Jambi baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini dibatasi pada siswa kelas X di SMA PGRI 2 Kota Jambi pada semester Ganjil tahun ajaran 2021/2022. Jumlah sampel sebanyak 86 mahasiswa menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket melalui google form. Pengujian data menggunakan analisis deskriptif data, uji prasyarat analisis,uji klasik regresi dan uji hipotesis. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan Metode Mengajar Guru (X1) terhadap hasil belajar (Y) ekonomi pada siswa kelas X di SMA PGRI 2 Kota Jambi. Hasil tersebut dibuktikan melalui uji t, terlihat bahwa nilai thitung > ttabel yakni 6.537 > 1,989. Selanjutnya, terdapat pengaruh secara signifikan lingkungan teman sebaya (X2) terhadap hasil belajar (Y) ekonomi pada siswa kelas X di SMA PGRI 2 Kota Jambi. Hal tersebut dibuktikan melalui uji t, terlihat bahwa thitung > ttabel yakni 7,480 > 1,989. Secara simultan terdapat pengaruh metode mengajar guru (X1) dan lingkungan teman sebaya (X2) terhadap hasil belajar (Y) ekonomi pada siswa kelas X di SMA PGRI 2 Kota Jambi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji F dimana nilai Fhitung > Ftabel yakni 42,144 > 3,11. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,504 atau 50,4%. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan antara metode mengajar guru (X1) terhadap Hasil Belajar Ekonomi (Y) pada siswa kelas X di SMA PGRI 2 Kota Jambi, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Lingkungan Teman Sebaya (X2) terhadapt Hasil Belajar Ekonomi (Y) Siswa kelas X di SMA PGRI 2 Kota Jambi serta terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Metode Mengajar Guru (X1) dan Lingkungan Teman Sebaya (X2) terhadap Hasil Belajar Ekonomi (Y) siswa kelas X di SMA PGRI 2 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru ekonomi meningkatkan atau menggunakan metode mengajar yang tepat dalam proses pembelajaran serta siswa harus lebih selektif dalam memilih lingkungan pertemanan yang dapat membawa kepada pengaruh positif. Sehingga dalam pencapaian hasil belajar didapat secara maksimal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Mengajar Guru, Lingkungan Teman Sebaya, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | SILALAHI |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 02:37 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 02:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40853 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |