KEMAMPUAN MENULIS ESAI SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI

RAENDRA, MUHAMAD RIDHO KEMAMPUAN MENULIS ESAI SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. JURNAL KEMAMPUAN MENULIS ESAI SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (113kB)

Abstract

ABSTRAK Raendra, Muhamad R. 2016. Kemampuan Menulis Esai Kelas X IPS 1 SMA Negeri 8 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. Herman Budiyono, M.Pd (II) Drs. Imam Suwardi Wibowo, M.Pd. Kata-kata kunci: Kemampuan, Menulis, Esai Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kemampuan menulis esai pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Jambi, Penelitian ini di batasi dengan aspek serta indikator pembangun esai yang terdiri atas, (1) aspek isi meliputi pengembangan pernyataan tesis dan relevansi isi dengan topik (2) retorika tulisan yang meliputi penerapan fungsi paragraf meliputi (pendahuluan, penjelas, simpulan) dan syarat paragraf (kelengkapan unsur, kesatuan dan koherensi) dan (3) kebahasaan yang meliputi penerapan kalimat efektif, pilihan kata dan ejaan tanda baca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 8 Kota Jambi yang berjumlah 35 orang siswa dan data penelitian yang digunakan adalah berupa tulisan esai siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 8 Kota Jambi, sumber datanya yaitu siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 8 Kota Jambi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis esai dilihat dari aspek isi, yang meliputi pernyataan tesis, pengembangan pernyataan tesis dan relevansi isi dengan topik termasuk kategori “cukup mampu”. Kemampuan menulis esai dinilai dari aspek retorika yang meliputi fungsi paragraf (pendahuluan, penjelas dan simpulan). dan syarat paragraf yang tediri dari kelengkapan unsur, kesatuan dan koherensi termasuk kategori “cukup mampu”. Kemampuan menulis esai dilihat dari aspek kebahasaan yang meliputi kalimat, pilihan kata dan ejaan tanda baca termasuk kategori “cukup mampu”. Simpulan penelitian ini, kemampuan menulis esai siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 8 Kota Jambi dikategorikan “cukup mampu”. Harapan penulis guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 8 Kota Jambi lebih memperhatikan lagi aspek pembangun sebuah tulisan esai khususnya aspek retorika. Karena pada aspek tersebut siswa sangat kesulitan dalam memahaminya. Hal ini, dapat dilihat dari hasil yang diperoleh, siswa mendapatkan nilai paling rendah dari dua aspek pembangun esai lainnya. Peneliti mengharapkan guru bahasa Indonesia kelas X IPS 1 lebih meningkatkan intensitas pembelajaran menulis esai dalam menerapkan aspek retorika.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MUHAMAD RIDHO RAENDRA
Date Deposited: 13 Apr 2018 03:50
Last Modified: 13 Apr 2018 03:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4087

Actions (login required)

View Item View Item