SIMANJUNTAK, SELA (2022) Analisis Kemampuan Spasial Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independence dan Field Dependence Pada Materi Geometri. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
1. SKRIPSI_SELA MICHELLA O.U.S._RSA1C217007.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
2. COVER _SKRIPSI_SELA_RSA1C217007.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
3. Hal. Persetujuan & Hal. Pengesahan_Sela_RSA1C217007.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
4. BAB I_SKRIPSI_SELA_RSA1C217007.pdf Download (469kB) |
![]() |
Text
5. BAB V_SKRIPSI_SELA_RSA1C217007.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (402kB) |
Abstract
Simanjuntak, Sela Michella O. U. 2022. Analisis Kemampuan Spasial Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independence dan Field Dependence Pada Materi Geometri. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Husni Sabil, M. Pd. (II) Dra. Dewi Iriani, M. Pd. Kata Kunci: Kemampuan Spasial, Gaya Kognitif Field Independence (FI) dan Field Dependence (FD), Geometri. Pada penelitian ini dilatarbelakangi karena permasalahan rendahnya kemampuan spasial siswa dalam mempelajari matematika di kelas XII SMAN 8 Kota Jambi. Beberapa siswa mengalami kesulitan membayangkan sesuatu yang tidak nyata. Kesulitan dalam mempelajari geometri ini dipengaruhi oleh bagaimana cara belajar, menerima informasi, dan menyelesaikan masalah yang dimiliki seseorang. Oleh karenanya, penelitian ini didasarkan pada gaya kognitif karena mempengaruhi kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan soal, terutama soal geometri. Gaya kognitif yang diamati yaitu gaya kognitif Field Independence dan gaya kognitif Field Dependence. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan spasial siswa bergaya kognitif Field Independence dan Field Dependence pada materi geometri dan mengetahui faktor penyebab terjadinya masalah pada kemampuan spasial siswa yang bergaya kognitif Field Independence dan Field Dependence pada materi geometri. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pemilihan subjek pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah 3 siswa FI dan 3 siswa FD yang dipilih melalui tes GEFT. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar soal tes kemampuan spasial dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kemampuan spasial siswa dengan gaya kognitif Field Independence (FI) lebih baik dibandingkan siswa Field Dependence (FD). Subjek FI yaitu SFI-1, SFI-2, dan SFI-3 telah mampu memenuhi semua indikator kemampuan spasial yaitu spatial perception, spatial visualization, mental rotation, spatial relation, dan spatial orientation. Sedangkan subjek FD belum memenuhi indikator kemampuan spasial. SFD-1 hanya mampu memenuhi indikator spatial visualization. Sementara itu, SFD-2 dan SFD-3 belum mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan spasial. 2) Faktor penyebab terjadinya masalah pada kemampuan spasial siswa dialami oleh subjek field dependence yang berasal dari faktor internal siswa. Faktor internal yang menjadi penyebabnya adalah mudah dipengaruhi/terkecoh, miskonsepsi, kurang memahami materi prasyarat, bergantung pada lingkungan, kurang teliti dalam menuliskan jawaban, belum mampu mengilustrasikan gambar, serta merasa tidak yakin atas hasil jawaban.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Spasial, Gaya Kognitif Field Independence (FI) dan Field Dependence (FD), Geometri. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SIMANJUNTAK |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 04:00 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 04:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |