Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 9 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022-2023

Tri, Wulandari (2022) Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 9 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022-2023. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK 1.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (209kB)
[img] Text
COVER .pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (438kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (315kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 9 Kota Jambi, yaitu hasil belajar siswa masih jauh dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan. Berdasarkan observasi diketahui penyebab rendahnya hasil belajar ekonomi adalah siswa merasa bosan, rendahnya minat saat belajar, sehingga siswa susah memahami materi karena model pembelajaran yang kurang bervariatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Kota Jambi tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 9 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 31 orang siswa, yang terdiri dari 17 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki-laki. Penelitian ini termasuk kedalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Satu siklus dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap kegiatan. Adapun tahap tersebut yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes hasil belajar, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini pada data kuantitatif adalah dengan menghitung rata-rata dan menghitung persentase. Sedangkan teknik analisis pada data kualitatif yaitu deskripsi kegiatan selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebesar 35,5%, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 16% menjadi 51,6% dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 25% menjadi 77,4%. Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus III telah mengalami peningkatan dan telah mencapai indikator keberhasilan yang peneliti tetapkan yaitu sebesar 75% dari 31 siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2. Penulis menyarankan penggunaan model pembelajaran CTL menjadi salah satu alternatif model pembelajaran pada proses pembelajaran ekonomi agar materi lebih mudah dipahami dan pembelajaran tidak terasa membosankan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Ekonomi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: WULANDARI
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:51
Last Modified: 15 Nov 2022 03:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40918

Actions (login required)

View Item View Item