K Parangin-Angin, Selvina (2022) Pengaruh Self Efficacy dan Soft Skill terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Akhir Angkatan 2018 Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (591kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (4MB) |
Abstract
Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesiapan kerja yaitu faktor yang berasal dari dalam diri atau dari luar diri. Self efficacy dan soft skill adalah salah satu faktor dari dalam diri yang mempengaruhi kesiapan kerja. Untuk dapat meningkatkan kesiapan kerja mahasiswa diharuskan untuk meningkatkan self efficacy dan soft skill. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap kesiapan kerja mahasiswa akhir angkatan 2018 Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi, mengetahui pengaruh soft skill terhadap kesiapan kerja mahasiswa, dan mengetahui pengaruh self efficacy dan soft skill terhadap kesiapan kerja mahasiswa akhir angkatan 2018 Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi pada 12 September 2022, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Penenlitian ini menggunkan teknik sampel secara sampling total (sensus) atau penelitian populasi dikarenakan jumlah populasi kurang dari 100 yaitu sebanyak 60 responden. Data penelitian diperoleh dengan cara penyebaran angket dengan menggunakan skor skala likert kepada mahasiswa Akhir Angkatan 2018 Pendidikan Ekonomi. Setelah angket di kumpulkan, data dianalisis dengan teknik kuantitatif deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) variabel self efficacy (X1) mempunyai t hitung 0,031 dengan t tabel 1,671 sehingga thitung < ttabel dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh secara signifikan antara self efficacy dan kesiapan kerja. 2) Untuk variabel soft skill (X2) mempunyai t hitung 5,798 dan t tabel 1,671. sehingga thitung > ttabel dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara soft skill dan kesiapan kerja. 3) Secara simultan diperoleh Fhitung 20,147 dengan Ftabel 3,16 sehingga Fhitung >Ftabel dapat disimpulkan bahwa self efficacy dan soft skill secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja. Kemampuan prediksi/koefisien determinasi sebesar 41,4% yang dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu self efficacy dan soft skill. Sebanyak 58,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada mahasiswa untuk tetap memiliki self efficacy dan lebih perbanyak soft skill melalui pelatihan atau seminar serta berorganisasi agar dapat menunjang kematangan kesiapan kerja mahasiswa. There are many factors that can affect work readiness, namely factors that come from within or from outside oneself. Self efficacy and soft skills are internal factors that influence work readiness. To be able to improve job readiness students are required to increase self-efficacy and soft skills. This study aims to determine the effect of self-efficacy on the work readiness of students at the end of 2018 class of Economics Education at Jambi University, to determine the effect of soft skills on student work readiness, and to determine the effect of self-efficacy and soft skills on work readiness of students at the end of class 2018 Economics Education at Jambi University. This research was conducted at the Economics Education Study Program, University of Jambi on September 12, 2022, this research used a descriptive quantitative approach. This research uses a total sampling technique (census) or population research because the total population is less than 100, namely 60 respondents. Research data was obtained by distributing a questionnaire using a Likert scale score to final students of the 2018 Economics Education Batch. After the questionnaire was collected, the data was analyzed using descriptive quantitative techniques and multiple linear regression. The results showed that: 1) the variable self-efficacy (X1) has t count 0.031 with t table 1.671 so that tcount < ttable it can be concluded that there is no significant influence between self-efficacy and work readiness.variable soft skill (X2) it has a t count of 5.798 and a t table of 1.671. so that tcount > ttable it can be concluded that there is a significant influence between soft skills and work readiness. 3) Simultaneously obtained Fcount 20.147 with Ftable 3.16 so thatFcount >Ftable it can be concluded that self efficacy and soft skills together have a significant effect on job readiness. The predictive ability/coefficient of determination is 41.4% which is influenced by several factors including self-efficacy and soft skills. As much as 58.6% is influenced by other variables not explained in this study. From the results of this study it is suggested to students to continue to have self-efficacy and increase soft skills through training or seminars and organize in order to support the maturity of student work readiness.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Efficacy, Soft Skill, dan Kesiapan Kerja |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Angin |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 04:28 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 04:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40924 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |