Wijaya, Nabilla Eka (2022) Pengembangan Buku Pengayaan Fisika SMA Berkonteks Kearifan Lokal pada Perahu Tradisional Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (509kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil tes diagnostik kemampuan siswa mendapatkan data sebanyak 60,5 % siswa yang mampu berpikir pada tingkat pemahaman C3. Sedangkan, sebanyak 30,5 % siswa mengalami kesulitan dalam menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari yang dikaitkan dengan kearifan lokal setempat. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui bagaimana produk buku pengayaan fisika SMA Berkonteks Kearifan Lokal pada Perahu Tradisional Jambi, untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa SMA tentang buku pengayaan fisika SMA Berkonteks Kearifan Lokal pada Perahu Tradisional Jambi. Penelitian ini menghasilkan produk dan mengetahui persepsi siswa terhadap buku pengayaan fisika SMA Berkonteks Kearifan Lokal pada perahu tradisionanl Jambi. Buku pengayaan ini dikembangkan sebagai sumber belajar penunjang untuk memudahkan siswa menganalisis konsep fisika serta menambah wawasan tentang kearifan lokal daerahnya. Penelitian pengembangan (R and D) ini menggunakan model ADDIE. Tahapan pengembangan yang dilakukan ialah tahap analysis, design, dan development. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu 30 orang siswa kelas XII IPA SMAN 1 Kota Jambi dan SMA Adhyaksa 1 Jambi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar angket, lembar wawancara, lembar validasi ahli, lembar angket persepsi siswa dan dokumentasi. Hasil dari penelitian pengembangan adalah produk berupa buku pengayaan yang telah divalidasi dengan persentase rata-rata skor ahli materi sebesar 83% dengan kategori “sangat baik” dan ahli media sebesar 82% dengan kategori “sangat baik”. Selanjutnya pada uji persepsi siswa terhadap buku pengayaan diperoleh persentase sebesar 82%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku pengayaan fisika berkonteks kearifan lokal pada Perahu Tradisional dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai buku penunjang pembelajaran fisika. Saran untuk penelitian selanjutnya, diharapkan dapat melanjutkan penelitian sampai tahap implementation dan evaluation agar dapat memperoleh keefektifan produk.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perahu Tradisional, Fisika, Buku Pengayaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | EKAWIJAYA |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 04:42 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 04:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |