Nurmaliza, Nurmaliza (2022) Pengembangan E-Modul Fisika Berkonteks Ethnophysics pada Pokok Bahasan Gerak Melingkar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (409kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (615kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru fisika di SMAN 9 Kota Jambi dan SMAN 7 Kota Jambi, diperoleh data bahwa sebagian besar siswa hanya mampu berpikir pada tingkat pemahaman C2, dan beberapa siswa mampu berpikir pada tingkat pemahaman C3 dan C4. Hal ini dibuktikan dari hasil tes diagnostik bahwa sebanyak 10,5% siswa mampu berpikir pada tingkat pemahaman C3. Sedangkan 89,5% siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan media pembelajaran berupa buku cetak, LKS, alat peraga, dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana produk e-modul fisika berkonteks ethnophysics pada pokok bahasan gerak melingkar dan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap e-modul fisika berkonteks ethnophysics pada pokok bahasan gerak melingkar. Kearifan lokal Jambi dijadikan sebagai konteks untuk menggali konsep gerak melingkar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Developmentment dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 7 Kota Jambi dan SMAN 9 Kota Jambi yang berjumlah 30 siswa. Jenis data yang diperoleh terdapat 2 macam yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar angket persepsi siswa dan dokumentasi. Modul elektronik (e-modul) yang telah dikembangkan, selanjutnya divalidasi oleh dua orang validator dengan masing-masing dilakukan sebanyak tiga tahap validasi. Hasil penilaian validasi materi diperoleh persentase sebesar 95,93% dengan kategori ‟Sangat Baik”, ahli media sebesar 98,33% dengan kategori ‟Sangat Baik”, dan hasil persepsi siswa sebesar 88,9% dengan kategori ‟Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-modul fisika berkonteks ethnophysics pada pokok bahasan gerak melingkar dikategorikan sangat baik dan layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, Ethnophysics, Gerak Melingkar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nurmaliza |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 04:42 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 04:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40956 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |