STRATEGI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA JAMBI DALAM PENERBITAN KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) PADA MASA NEW NORMAL

Karo, Emtania Br (2022) STRATEGI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA JAMBI DALAM PENERBITAN KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) PADA MASA NEW NORMAL. S1 thesis, Ilmu Pemerintahan.

[img] Text
SKRIPSI EMTANIA BR KARO .pdf

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (113kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)

Abstract

Kartu Identitas Anak (KIA) adalah identitas yang wajib dimiliki oleh anak yang berusia kurang dari 17 tahun sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara yang diatur dalam Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016. Kasus Corona Virus Disease (Covid-19) pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada Desember 2019. Penyakit ini berkembang dengan cepat dan membawa dampak yang sangat signifikan bagi kehidupan manusia. Seiring dengan berjalannya waktu, Indonesia mengadopsi tatanan baru yaitu menjadikan status pandemi beralih ke era new normal, yaitu mengadaptasikan kebiasaan dan perilaku baru untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan dampak strategi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi dalam penerbitan KIA pada masa new normal. Untuk melihat baik tidaknya stategi peneliti menggunakan indikator strategi menurut Richard P.Rumelt yaitu consistency, consonance, advantage, feasibility. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Kepala Seksi Pengolahan Data dan Penyajian Data, Staff administrasi Kependudukan dan Masyarakat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Disdukcapil dalam penerbitan KIA pada masa new normal sudah tepat dan direspon baik oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan strategi yang dilakukan membawa dampak positif bagi kedua belah pihak. Masyarakat merasa puas dengan layanan yang diberikan, dimana layanan tersebut berkualitas dari segi penyampaian hingga hasil yang diterima masyarakat. Hal tersebut tentunya sesuai dengan tujuan Disdukcapil dalam menerapkan strategi yaitu untuk tetap memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat di era new normal.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: KARO
Date Deposited: 16 Nov 2022 03:37
Last Modified: 16 Nov 2022 03:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40968

Actions (login required)

View Item View Item