Pengaruh penggunaan media sosial pembelajaran videosribe terhadap pemahaman tentang ketahanan diri terhadap narkoba di MTsN 3 kota jambi

Akbar, Muhammad benny (2022) Pengaruh penggunaan media sosial pembelajaran videosribe terhadap pemahaman tentang ketahanan diri terhadap narkoba di MTsN 3 kota jambi. S1 thesis, Universitas jambi.

[img] Text
ABSTRAKk.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB V MANTUL.pdf

Download (10kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD BENNY AKBAR (A1E116044).docx

Download (132kB)
[img] Image
IMG-20221115-WA0029.jpg

Download (83kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penyalahgunaan narkoba terhadap para pelajar SMP dan SMA berawal dari penawaran dari pengedar narkoba. Ketergantungan pada narkoba merupakan salah satu dampak akibat penyalahgunaan obat yang tidak sesuai dengan dosis yang diharuskan, sehingga pemakai zat tersebut tidak dapat menghentikan untuk mengonsumsinya dan secara berkala harus terus mendapatkannya. Apabila telah mengkonsumsi narkoba terus-menerus maka akan merugikan kesehatan dan menimbulkan dampak sosial yang luas. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen adalah penelitian yang melaksanakan suatu perlakuan terhadap subjek tertentu dan tidak memberi perlakuan pada subjek lainnya sebagai kelompok kontrol. Kesimpulan diambil dengan membandingkan antara kelompok subjek yang diberi perlakuan dengan tidak diberi perlakuan. Dengan populasi jumlah sebanyak 60 siswa di MTsN 3 Kota Jambi, penarikan sampel menggunakan unit sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan berupa angket, untuk mengetahui ketepatan dan kesahian instrument dilakukan menggunakan uji validitas dan reliabilitas melalui SPSS dan selanjutnya menggunakan uji normalitas, uji linearitas, hipotesis dengan bantuan dari SPSS 21. Berdasarkan hasil penelitian dari pretest dan posttest pada penelitian eksperimen ini dapat disimpulkan bahwa terdapatnya pengaruh antara media pembelajaran videoscribe dengan pemahaman siswa tentang bahaya narkoba. Pada saat pretest yaitu siswa pada kelas control yang tidak diberikannya sebuah treatment berupa videoscribe, terlihat jelas perbandingannya antara kelas eksperimen yaitu posttest yang dimana terdapat perbedaan nilai yang begitu signifikan beda antara pretest dan posstest. Dilihat dari anova nilai sig sebesar 0,002<0,005 sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian media pembelajaran Videoscribe berpengaruh terhadap pemahaman siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, narkoba
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: AKBAR
Date Deposited: 16 Nov 2022 06:40
Last Modified: 16 Nov 2022 06:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40988

Actions (login required)

View Item View Item